MILAD KE 62 JOKOWI PILIH BLUSUKAN KE DUA PASAR DI KABUPATEN BOGOR

JokowiMILAD KE 62 JOKOWI PILIH BLUSUKAN KE DUA PASAR DI KABUPATEN BOGOR
Gunung Sindur, HRB
PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi genap berusia 62 tahun pada Rabu, 21 Juni 2023 kemarin. Di hari miladnya, Jokowi  memilih melakukan blusukan ke dua pasar wilayah utara Kabupaten Bogor.
Orang nomor satu di Indonesia ini mengaku dirinya orang desa, sehingga sejak lahir hingga menjadi presiden pun tak pernah merayakan  ulang tahun. Jokowi merupakan putra Noto Miharjo dan Sudjiatmi yang lahir di Surakarta, 21 Juni 1961.
“Saya enggak pernah ulang tahun. Saya orang desa enggak pernah ulang tahun. Sejak lahir sampe sekarang,” jelas Jokowi kepada wartawan usai meninjau Smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa 20 Juni 2023.
Sebagai informasi, pada 2019 di hari ulang tahunnya Jokowi juga menghabiskan hari dengan blusukan dan meninjau proyek pembangunan landasan pacu atau runway 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten.
Adapun dua pasar yang dikunjungi Jokowi yakni, Pasar Parung dan Pasar Parungpung Gunung Sindur. Jokowi mengecek harga-harga kebutuhan pokok dan membagikan bantuan langsung tunai (BLT) ke pedagang pasar.
Presiden Jokowi mengatakan harga bahan pokok masih stabil atau tidak mengalami lonjakan menjelang perayaan Idul Adha 1444 Hijriah 2023 Masehi.
Stabilitas harga bahan pokok masih terjaga seperti daging ayam dan minyak goreng. Kemudian, harga bawang merah juga menurun sedikit. Daging ayam juga harganya baik, baik untuk peternak maupun untuk konsumen masyarakat. Minyak juga tadi juga sama masih Rp14 ribu,” kata Jokowi.
Harga beras, lanjut Jokowi, masih terdapat yang di bawah Rp10 ribu per kilogram. Untuk harga telur, fluktuasi harga terjadi secara musiman. Pemerintah akan menjaga keseimbangan harga agar dapat terjangkau oleh masyarakat, namun tetap menguntungkan bagi para petani atau peternak.
“Kadang-kadang kan memang seperti itu. Daging ayam naik, kadang naik tapi juga anjlok. Kalau naik peternak senang banget. Pembelinya pasti mengeluh. Kalau turun peternak pasti mengeluh. Menjaga keseimbangan itu yang tidak mudah,” ungkap Presiden Jokowi.
Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor kali ini, Presiden Jokowi selainberdialog juga memberikan bantuan sembako dan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang.
Sementara itu,  Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang ikut mendampingi Jokowi terlihat sumringah. Ia  berharap Presiden  sering-sering datang ke Kabupaten Bogor. Pasalnya, kedatangangan Jokowikerap membawa perubahan, terutama perbaikan insfrastruktur.
“Pak Presiden kan sering ke Rumpin, Alhamdulillah sekarang di Rumpin jalannya jadi bagus. Kedatangan beliau itu membawa perubahan,” kata Iwan, usai mendampingi Jokowi meninjau Pasar Parung dan Gunungsindur.
Ia mengungkapkan, dalam kunjungannya ke Bogor pagi tadi, Jokowi tidak melewati jalan rusak. Namun, Iwan melaporkan sejumlah kendala dan upaya penanganan dalam memperbaiki insfrstruktur di Bumi Tegar Beriman.
“Seperti di Parungpanjang, Ciseeng dan Rumpin masih sering dilintasi kendaraan pengangkut material tambang. Insha Allah akan ada jalan khusus tambang jadi tidak lagi lewat jalan umum seperti sekarang,” ucapnya.
Iwan Setiawan menambahkan, pada kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi memberikan BLT kepada para pedagang di Pasar Parung dan Pasar Prumpung Gunung Sindur.
“Alhamdulillah bapak Presiden menyerahkan bantuan langsung kepada pedagang,” ungkap Iwan Setiawan.
Iwan Setiawan menyambut baik bantuan tersebut dan berharap bantuan dari Jokowi dapat menambah modal para pedagang. Tentunya kami senang, para pedagang mendapatkan suntikan pendanaan untuk keluarga mereka dan tentunya untuk usaha. (Ozi)
Baca juga:  Proyek Bendungan Ciawi Longsor, Warga Pasir Purut Terancam

Tags: