Miris! Insentif Kader Posyandu Hanya Rp50 Ribu Per Triwulan

Foto: ilustrasi

Nanggung – Erni Rohaeni Ketua Posyandu Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor mengeluhkan Insentif para Kader Posyandu, hanya mendapat honor triwulan sebesar 50 Ribu rupiah.

“Kita kader yang harus turun ke lapangan sampai ke pelosok tanpa mengenal waktu hanya dihargai seperti itu,” rutur Erni.  

Ia meminta agar ada perhatian dari pemerintah yang lebih manusiawi kepada kader-kader posyandu. “Insentif triwulan masa hanya sebesar 50 ribu rupiah,?” Ujar Erni, Rabu (16/6/2021).

Sementara Sekretaris Desa Desa Parakanmuncang, Endang menjelaskan, di desanya ada 8 posyandu yang sudah masuk ke sumber anggaran dari Alokasi Dana Desa dan Bantuan Provinsi, satu posyandu menerima sebesar 2.750.000 per tahun. Dan ada penambahan tiga posyandu yang belum masuk ke Alokasi Dana Desa dan provinsi.  

Baca juga:  Posyandu Melati 14 Desa Cileungsi Kidul Diresmikan

“Untuk Desa Parakan muncang ada 8 posyandu dikali 8 Juta yang sumbernya dari Alokasi Dana Desa. Belum lagi ada Tiga penambahan posyandu. Nominal 8 juta ini kita sudah tambah dari provinsi per posyandu 1.750.000,” jelas Endang sambil menyodorkan surat peraturan Bupati tentang pengalokasian dan penyaluran Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2020. 

Ia berharap Tiga Posyandu yang sudah diajukan, di Tahun 2021 ke depan untuk segera dimasukkan ke Perbup. Karena menurutnya sangat urgent.  

“Kita memaksakan Anggaran Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (BHPRD) digeser ke situ,  kasian kan yang 3 posyandu nggak ada operasionalnya,” tukasnya. (Andri)

 

 

Tags: ,