Miris, Jalan Menuju Kantor Bupati Dibiarkan Rusak

Foto : Kondisi Jalan Raya Pabuaran di Kecamatan Bojong Gede yang rusak parah. (Afandi).

Bojonggede – Di tengah  Pemerintah Kabupaten sedang fokus dalam penanganan Covid-19, berbagai persoalan juga ikut terkena imbasnya. diantaranya adalah pembangunan infrastruktur jalan yang kurang mendapat perhatian pemerintah.

Seperti kondisi Jalan Raya Pabuaran, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor. Jalan yang menjadi akses utama menuju Kantor Pemerintah Kabupaten Bogor  itu, kondisinya kian memprihatinkan. Di jalan penghubung antara Kota Depok dan Kabupaten Bogor ini banyak dipenuhi lubang hingga mengakibatkan sering terjadinya kecelakaan serta kemacetan.

Keterangan seorang warga, Dedi (31), Jalan Raya Pabuaran ini sudah lama rusak, di tambah dengan cuaca sekarang ini sering turun hujan membuat genangan air yang membahayakan bagi pengendara sepeda motor. 

“Saya berharap pemerintah dan dinas terkait bisa bergerak cepat dalam perbaikan jalan tersebut,” ujarnya kepada HRB, Senin (28/06/2021).

Ia mengaku, beberapa kali melihat kecelakaan di area tersebut. Karena lubang tertutup air, pengendara tanpa sadar masuk dalam lubang dan kehilangan kendali. “Ban motornya masuk lubang akhirnya hilang kendali dan jatuh. Sering terjadi peristiwa itu,” kata Dedi.

Keluhan itu juga hadir dari Lurah Pabuaran, Romli. Ia mengaku telah lama menyampaikan kondisi itu kepada dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor, untuk segera memperbaiki jalan tersebut. Namun, hingga saat ini tak jua ada penanganan.

“Kita sudah melakukan reses (kunjungan) dengan dewan, juga sudah melakukan musyawarah rencana pembangunan (musrembang).  Dan ternyata, jalan tersebut baru akan segera diperbaiki di tahun ini sekitar bulan Agustus sampai November,” paparnya.

Baca juga:  Gunakan Fasilitas Olahraga Wajib Sudah Divaksin

Romli mengimbau agar masyarakat bersabar karena, saat ini dinas PUPR sedang melelang proyek pengerjaan Jalan Raya Pabuaran tersebut.

“Saya harap masyarakat bersabar, jalan itu pasti akan segera diperbaiki, saat ini dinas terkait (PUPR) sedang melelang proyek pembangunan jalan, insya allah di bulan Agustus sudah mulai berjalan,” imbaunya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom memandang, Pemerintah Kabupaten Bogor tidak hanya fokus pada persoalan Covid-19, namun perbaikan infrastruktur khususnya jalan, juga harus menjadi perhatian utama Pemkab Bogor terutama Dinas PUPR.

“Boleh saja pemerintah saat ini fokus dalam hal penanggulangan Covid-19 dan juga pemulihan ekonomi. Tetapi, jika kondisi infrastruktur jalannya rusak, tentu juga akan menghambat penunjang perekonomian dan mobilitas warga di Kabupaten Bogor,” pandang Aan.

Mengenai, akses Jalan Raya Pabuaran yang rusak. Aan yang juga Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Bogor ini menilai, jalan tersebut harus segera diperbaiki. Karena, menjadi ‘pintu masuk’ pusat pemerintahan dan juga Kantor Bupati Bogor.

“Dinas PUPR harus sesegera mungkin melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap jalan tersebut. Apalagi, Jalan Raya Pabuaran ini adalah salah satu akses utama ke kantor Bupati Bogor. Jika, salah satu jalan utamanya saja dibiarkan rusak, bagaimana dengan jalan-jalan di wilayah yang kondisinya lebih parah? Dan ini menjadi perhatian penting pemerintah,” tandasnya. (Afandi/RED)  

 

Tags: