Musrenbang Cijayanti Hasilkan Beberapa Point Penting 

BABAKANMADANG.HRB

Kasi Pemerintahan Kecamatan Babakan Madang, Iskandar menerangkan bahwa Musrenbang  Desa Cijayanti dalam rangka penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2022, sebagai dasar penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

APBDes sendiri merupakan peraturan desa, yang memuat sumber-sumber penerimaan, dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun.

“Alhamdulilah Di Desa Cijayanti berjalan dengan lancar, setelah menempuh beberapa tahapan-tahapan,” kata Iskandar, kepada rakyatbogor.net, Rabu (27/10/2021).

Tahapan tersebut, kata Iskandar, dimulai dari musyawarah desa dalam rangka menyusun RKPDes yang dilaksanakan sejak Juni 2021 lalu, dengan membentuk tim penyusun  pencermatan terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, atau yang sering disingkat dengan RPJMDes.

“Ini sudah mulai dari pencermatan terhadap Pagu indikatif, sebagai dasar pagu untuk pelaksanaan pembangunan di tahun 2022, yang sebelumnya nelalui penyusunan daftar usulan rencana program kegiatan aspirasi masyarakat di tingkat RT RW, yang telah berproses melalui Musyawarah Tingkat Dusun (Musdus),” katanya.

Selanjutnya, dari beberapa tahap tersebut diangkat dalam forum Musrenbang, hingga akhirnya pada hari ini,

Desa cijayanti melakukan Musrenbang penetapan RKPDes dan segera ditetapkan dengan Perdes RKPDes tahun 2022 mendatang.

“Beberapa point penting hasil musrenbang ini,

diantaranya rencana pembangunan berbasis zona wilayah, yang terbagi dalam 3 zona wilayah pembangunan,” jelas Iskandar.

Dalam kegiatan ini, aspirasi yang menjadi usulan ialah pembangunan fisik berupa betonisasi jalan lingkungan (jaling) serta pemberdayaan masyatakat yang diantaranya pemberdayaan kelompok tani, revitalisasi posyandu dan lainnya.

Baca juga:  Pemilihan RT RW Serentak Di Tengah Pandemi

“Sedangkan usulan yang muncul dari pihak sekolah, terkait penambahan ruang kelas Baru, diakomodir dan menjadi bahan usulan musrenbang kecamatan,” tukasnya.

Terpisah, Sekertaris Desa Cijayanti, Komarudin mengatakan hasil dari penetapan usulan yang ada melalui Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), pihaknya menfokuskan pada pemulihan ekonomi masyarakat. Hal ini diajukan, karena melihat kondisi ekonomi sebelumnya yang mengalami keterpurukan akibat pandemi.

“Hasilnya memang Infrastruktur masih mendominasi, akan tetapi kita akan memfokuskan pada pemulihan ekonomi, seperti penggalian sektor bidang pertanian dan sektor pariwisata jenis agro wisata,” kata Sekdes Cijayanti, Komarudin, kepada rakyatbogor.net, Rabu (27/10/2021).

Dari hasil musrenbang ini, kata Komarudin,  dicover melalui RKPDes tahunan. Pihak desa melaunching Tiga agenda pembangunan yang dibagi melalui wilayah, yang disebut Daerah Pembangunan atau Dapem 1 Tahun 2022, Dapem  2 Tahun 2023 dan Dapem 3 Tahun 2024.

“Diharapkan mampu mendongkrak pembangunan di wilayah secara menyeluruh dengan secara bertahap. Serta ke Tiga tahun tersebut, diharapkan dapat direalisasikan dengan baik. Mudah-mudahan dengan pemulihan ekonomi ini, geliat ekonomi warga kami akan terlihat lebih baik lagi kedepannya,” tutupnya

Untuk diketahui, dalam giat ini turut hadir Kasi Pemerintahan Kecamatan Babakan Madang Iskandar, Kades Cijayanti Ahmad Paojan, Sekdes Cijayanti Komarudin bersama staf, BPD, LPM, MUI Desa Cijayanti, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ka Puskesmas Cijayantu, Karang Taruna Desa, Tokoh Masyarakat dan RT RW. (ASB)

Tags: , , ,