Obyek Wisata Puncak Menangis, Ribuan Karyawan Dirumahkan

Wisata Puncak BogorFoto : ilustrasi

CISARUA – Dampak pandemi Covid-19 nyaris melumpuhkan sejumlah sektor pariwisata dan restoran di kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Para pelaku usaha pun mengaku omset mereka mengalami penurunan, hingga terpaksa merumahkan sejumlah karyawannya. 

Seperti dituturkan Azet Basuni, salah satu praktisi sekaligus pelaku pariwisata kawasan Puncak yg mengaku sempat ketar-ketir tatkala usaha yang dirintisnya sejak dari nol tersebut mengalami kemunduran, karena sepi pengunjung.

“Di masa pandemi saat ini banyak hotel dan restoran yang mengalami penurunan omset, hingga berimbas pada pengurangan karyawan. Termasuk dengan yang saya alami,” keluhnya.

Pihaknya juga mengharapkan pemerintah daerah bisa mendongkrak kunjungan wisata melalui terobosan yang dilakukan dinas terkait agar kunjungan tetap stabil dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Baca juga:  UPT Persoalkan Bangunan Tak Berizin, Warga Terdampak Jembatan Cikereteg sebut DPKPP Tak Punya Empati

“Ya ini yang menjadi dilema, di satu sisi kita sedang berjibaku menekan pandemi, namun di sisi lain para pelaku usaha juga ingin kunjungan kembali normal agar barang dagangannya bisa laku,” ungkap Azet. 

Dan tentunya, sambung dia, hal itu juga akan berimbas terhadap penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor. Terlebih menurutnya, pariwisata memang menjadi sektor andalan kawasan Puncak.

“Kami saat ini sedang berupaya agar usaha pariwisata dan restoran yang kami rintis, setidaknya bisa tetap bertahan. Dan yang terpenting kami tetap berkoordinasi dengan pemerintah maupun para pelaku usaha wisata lainnya, agar segera mendapatkan solusi di masa pandemi ini,” tutup Azet.(ASH) 

Tags: