Pasar Ikan Hias Ciseeng Bogor Sepi Pembeli

Ciseeng – Minimnya pembeli di pasar benih ikan hias Ciseeng, di Kampung Parigi Mekar, Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang buka tiga kali dalam sepekan itu terlihat sepi dari pembeli. Padahal, sebelum adanya pasar ikan hias di pasar lain, justru pasar ikan hias ciseeng yang pertama kali ada di kabupaten bogor.

Salah satu penjual ikan hias, Aji mengatakan, pasar ikan Ciseeng seperti mati suri saja, padahal pembeli yang berasal dari luar daerah, seperti, palembang, lampung, maluku, surabaya, dan lainya berdatangan untuk membeli kebutuhan akan hias.

“Sekarang banyak yang lari ke Pasar Parung, sekarang tinggal menunggu bangkrut saja, dulu orang tahunya tentang ikan hias, ya, pasar ikan hias ciseeng, padahal dulu dari Disnakan hanya memplot pasar ikan hias hanya ada di Ciseeng, semakin hari keberadaan pasar ikan hias ciseeng memprihatinkan saja,”ujarnya, Senin (22/11/2021).

Baca juga:  IPHI Harus Berperan Optimal dalam Implementasi Haji Mabrur

Hal serupa dikatakan penjual pakan dan pernak pernik aquarium, Sahmad (28) membenarkan sepinya pengunjung akibat kurangnya sosialisasi dari dinas terkait, pendapatan dirinya setiap hari mengalami penurunan yang sangat drastis, dirinya bersama pedagang lain meminta agar dinas disnakan bisa menghidupkan kembali pasar ikan hias ciseeng.

“Dulu pasar ini sangat dibanggakan oleh Kabupaten Bogor, tapi sekarang keadaanya semakin menyedihkan, tidak nampak lagi hiruk pikuk jual beli antara penjual dan pembeli benih ikan hias disini, saya meminta kepada dinas supaya kembali hidupkan pasar ini, karena yang asli pasar benih ikan hias yang diawasi pemkab bogor ya disini,” pungkasnya.(Yon)

Tags: