Patroli Siaga Bencana

Kota BogorTak hanya Operasi Zebra Lodaya dan Operasi Zeprah saja, Polresta Bogor Kota juga terlibat dalam upaya antisipasi siaga bencana. Hal itu terlihat dalam Patroli Siaga Bencana dalam program Patroli Sahabat Warga.

Salah satu upayanya adalah menerjunkan Babhinkamtibmas di seluruh Polsek untuk melakukan mapping secara rutin ke wilayah. Jika biasanya hanya melakukan upaya pencegahan terhadap ganggung kamtibmas, kali ini para Babhinkamtibmas juga mengemban tugas memantau titik-titik rawan bencana.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Babakan Polsek Bogor Tengah Polresta Bogor Kota Aiptu Sudirman. Pada saat patroli, ia mendapati salah satu pohon dengan dahan atau cabang pohon dalam keadaan retak yang dikhawatirkan patah dan menimpa bahu jalan bila terjadi hujan lebat.

Pohon besar tersebut berada di kawasan Jalan Pajajaran atau tepatnya depan mes Suryakencana 31 RT01 RW 04. “Saya sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Babakan mengecek daerah yang rawan pohon tumbang, seperti di Jalan Pajajaran, kemudian menemukan salah satu pohon yang cukup besar dan beranting besar terlihat retak yang cukup rawan sebab melintas di atas Jalan Pajajaran yang merupakan jalur utama,” kata Aiptu Sudirman seperti dilansir dari Bogor Online, Rabu (17/11/2021).

Baca juga:  Polisi di Kota Bogor Berhasil Menggagalkan Begal Mobil, Satu Pelaku Ditembak Saat Duel

Dipaparkan olehnya, pohon tersebut apabila dibiarkan dan tidak ditebang akan sangat berbahaya bagi pengguna jalan. Untuk ini, ia langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan dan Keanekaragaman Hayati pada Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zaki Faizal membernarkan adanya kondisi pohon tersebut. Pihaknya juga menyatakan telah mengambil langkah pemangkasan pada dahan dan cabang pohon.

“Saya mendapatkan laporan dari Polresta Kota Bogor bahwa ada dahan atau ranting yang patah, kami sudah melakukan pemangkasan dahan yang dimaksud guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti dahan patah yang mengakibatkan kecelakaan atau berimbas kepada pengguna jalan. Maka dari itu saya mengucapkan terimakasih kepada pihak Polresta Bogor Kota atas informasi yang diberikan kepada kami,” ujarnya. (bo/fuz)

Tags: ,