Pelaku Mengaku Camat, Waspada Penipuan Berkedok Meminta Subangan

PenipuanPelaku Mengaku Camat, Waspada Penipuan Berkedok Meminta Subangan

Rancabungur, HRB-Masyarakat kembali diminta waspada terhadap kasus penipuan berkedok minta sumbangan mengatasnamakan pimpinan wilayah.
Kali ini Camat Rancabungur, Dita Aprilia dan salah seorang warga menjadi korban penipuan berkedok meminta sumbangan yang dilakukan oleh kawanan penipu.

Dalam menjalankan aksinya. Kawanan penipu meminta uang kepada korban untuk sumbangan Yayasan pengelola dan pengurus anak yatim piatu melalui pesan singkat whatsapp.

Untuk memuluskan aksinya pelaku mengaku sebagai Camat Rancabungur Dita Aprilia dengan mencantumkan nama serta foto profil Camat Rancabungur yang tengah berseragam Camat di nomor telepon +62 812-3283-7637, padahal nomor telepon tersebut bukanlah nomor telepon Camat Rancabungur.

Untuk mengecoh korbannya, pelaku mengirimkan bukti transfer seolah olah telah mendapatkan sumbangan sebesar Rp 10 juta dan meminta kembali di transfer sebesar Rp 6 Juta rupiah ke rekening lainnya.
Atas kejadian tersebut korban Dita Aprilia telah melaporkan kasus penipuan yang mengatasnamakan dirinya kepada pihak Kepolisian.

Baca juga:  Karang Taruna Minta PKL Leuwiliang Ditertibkan

“Udah oom,kita sudah lapor Polisi supaya ditindaklanjuti karena itu bukan nomor telepon saya, dan saya, atau siapapun dari pemerintahan Kecamatan Rancabungur tidak pernah melakukan permintaan sumbangan dalam bentuk apapun,” tegas Dita kepada wartawan,Selasa (24/01/23).

Dita berharap, pelaku yang mengatasnamakan dirinya meminta sumbangan untuk yayasan yatim piatu tersebut segera menghentikan aksinya karena telah merugikan banyak pihak.

“Hentikan lah aksi tidak terpuji tersebut, karena merugikan orang lain dan bisa berurusan dengan hukum.” Ujar Dita.

Dita juga menghimbau masyarakat,khususnya warga Rancabungur untuk tidak menuruti permintaan apapun dari pihak pihak yang mengatasnamakan dirinya melalui nomor telepon atau sejumlah orang.

“Saya himbau masyarakat, terutama warga saya di Rancabungur untuk tidak memberikan atau menuruti permintaan, serta permohonan bantuan apapun yang mengatasnamakan saya melalui siapapun,” tandasnya. (djm)

Tags: