Pelatihan Pemasaran Digital dari Dosen IPB Untuk Karang Taruna

Dramaga – Dosen mengabdi yang diketuai oleh Prima Gandhi SP MSi beserta anggota-anggotanya yaitu Dr Ir Aceng Hidayat dan Amalia Putri Firdausi, SPi MSi kembali melakuka kegiatan pengabdian masyarakat  organisasi kepemudaan. Setelah organisasi kepemudaan Taruna Tani Indonesia dan Pemuda Tani HKTI kali ini Karang Taruna Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor mendapatkan pelatihan pemasaran digital.

Pelatihan ini merupakan rangkaian pelatihan pemasaran digital yang sudah direncanakan sebelum bulan Oktober 2021. Tempat pelaksanaan pelatihan ini adalah di Angkringan Aula Pancuran Jalan Lingkar Dramaga Kabupaten Bogor.

Tujuan pelatihan ini adalah memperkenalkan produk keripik, handicraft dan sabun cuci produk pemuda karang taruna Desa Purwasari Kecamatan Dramaga dapat secara efektif dan efisien dikenal lebih luas lagi. Dr Ir Aceng Hidayat MT berbagi pengetahuan tentang ekosistem pemasaran digital  dan kewirausahaan yang saat ini menjadi tren dikalangan pemuda.

Sesi selanjutnya adalah pemaparan tentang teknis menjual di market place,  cara memfoto produk dengan menggunakan smartphone yang dibawakan oleh Prima Gandhi SP MSi. Sebagian besar masyarakat menganggap sistem pemasaran produk atau jasa melalui digital adalah hal yang sulit, rumit dan tak bisa mereka lakukan. Ini anggapan yang salah. Sebaliknya, Pemasaran digital sesungguhnya memiliki banyak sisi yang memudahkan setiap orang melakukannya.

Baca juga:  Hambalang Menjadi Jalur Favorit Para Offroader

Pelatihan sangatlah penting karena saat kehadiran Teknologi Komunikasi Digital saat ini telah menciptakan perubahan besar pada strategi pemasaran produk dan jasa pada tataran ekonomi global. Teknologi Informasi (IT) terbukti mampu menjalankan tgas pemasaran dengan cepat, berdaya jangkau luar biasa, bisa mengusung banyak konten mulai tulisan, gambar maupun video, interaktif dan murah.

Fakta ini terbukti oleh maraknya transaksi Online melalui Marketplace, toko online bahkan jual beli melalui Media Sosial. Amalia Putri Firdausi, SPi MSi dalam penelitian ini meyusun handout untuk peserta pelatihan. Pelatihan ini mendapatkan antusiasem dari para peserta. Hal di buktikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan diskusi yang sangat menarik sehingga pelatihan ini lebih lama 1 jam dari yang sudah dijadwalkan. Adi