Pemasangan Tiang Pancang Dilaksanakan Awal Agustus 2023, Perumda PPJ Mulai Bongkar Bangunan Pasar Sukasari

Pasar SukasariPasar Sukasari
Bogor Timur, HRB
REVITALISASI Pasar Sukasari di Jalan Siliwangi, Bogor Timur, mulai bergulir. Itu ditandai dengan dimulai pembongkaran bangunan pasar berusia 30 tahun itu pada Senin, 3 Juli 2023 lalu. Pembangunan tersebut diharapkan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor.
Direktur Umum Perusahaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (Dirum Perumda PPJ), Jenal Abidin mengatakan, proses pembongkaran Pasar Sukasari berlangsung selama 40 hari ke depan, setelah bangunan pasar, maka proses pembangunan fisik akan dimulai.
“Sementara itu, peletakan batu pertama dan pemasangan tiang pancang atau biasa disebut ground breaking ditargetkannya berlangsung awal bulan Agustus 2023 mendatang,” kata Jenal saat dihubungi, Rabu, 5 Juli 2023.
Menurut Jenal , dengan revitalisasi pasar ini dapat mengembalikan kesuksesan Pasar Sukasari seperti Pasar Gembrong dulu.
“Kami ingin mengembalikan Pasar Sukasari ke Pasar Gembrong yang dulu sempat ramai dan bersejarah. Ke depan akan kami hidupkan kembali menjadi pasar yang ramah lingkungan,” jelasnya.
Ia menyebut, Pasar Sukasari nantinya bakal memiliki konsep yang lebih segar, kios dan los akan lebih nyaman dan memuat lebih banyak pedagang. Desain losnya ada dua tingkat agar menampung lebih banyak bahan dagangan.
“Konsep akan diubah, karena kami buat pasar sesuai kebutuhan pedagang. Kenyamanan, kemampuan mereka menyewa. Bukan hanya nyaman, bangunan pasar ini akan memiliki nilai seni yang menarik pengunjung, tentunya agar lebih menarik,” sebut Jenal.
Dirum Perumda PPJ menceritakan, pekerjaan bangunan pasar Sukasari akan sesuai dengan perencanaan. Perumda PPJ dan investor akan bersinergi melakukan proses pembangunan dengan baik dan kondusif.
“Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat Kota Bogor, agar revitalisasi berjalan lancar dan tanpa hambatan,” pungkasnya.
Sebelumnya, Perumda PPJ bersama CV Punabri telah mensosialisasikan tahapan revitalisasi Pasar Sukasari kepada para pedagang.
Sosialisai tersebut mulai dari tahap pembangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang akan diiisi oleh 361 pedagang hingga proses pembangunan.
“Kita harapkan pasar Sukasari ini dapat beroperasi kembali nanti pada bulan Desember 2023. Bisa kita lihat sendiri, pasar Sukasari ini sudah tidak layak,” ucap Direktur Utama Perumda PPJ, Muzakir.
Ia menceritakan, usia bangunan Pasar Sukasari sudah lebih 30 tahun. Adapun lahan yang dimiliki seluas  5.000 meter persegi. “Jadi  nanti akan dibangun pasar dari ujung keluar parkiran sampai batas pom bensin. Kita akan bangun pasar hanya dua lantai saja,” jelasnya.
Adapun pimpinan kontraktor pemenang Beauty Contest CV. Purnabri, Yayat Sudrajat meminta dukungan dan doa semua pihak agar pembangunan Pasar Sukasari berjalan lancar.
“Kami yang telah MoU dengan perumda Pasar Pakuan Jaya, intinya meminta doa dan dukungan. Mohon doa dan dukungannya agar pembangunan pasar Sukasari ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Yayat.
Ia menambahkan, untuk merevitalisasi pasar Sukasari pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp 30 Miliar dengan target penyelesaian pembangunan 8 Bulan. (Ari)
Baca juga:  Proyek Jalan Regional Ring Road Tahun Ini Dikerjakan Lagi

Tags: