Pemekaran Kabupaten Bogor Timur dan Barat, Giliran Bogor Selatan Minta DOB

Setelah Bogor Timur dan Bogor Barat diajukan sebagai Daerah Otonomi Baru atau DOB, kini giliran Bogor Selatan ingin memisahkan diri dari Kabupaten Bogor. Pemekaran Bogor Barat dan Timur telah resmi diajukan Pemprov Jawa Barat ke pemerintah pusat.

Keinginan untuk pemekaran wilayah ini disampaikan para tokoh wilayah Bogor Selatan. Mereka juga ingin wilayah Bogor Selatan jadi DOB seperti dua wilayah yang lain.

“Kita akan membuat struktural hingga tingkat ranting agar dipercepat pemekarannya,” kata Heri Aristandi, inisiator sekaligus anggota DPRD Kabupaten Bogor, Selasa, 25 Mei 2021.

Heri mengatakan Bogor Selatan telah siap untuk menjadi DOB. Berbagai potensi Bogor Selatan, antara lain memiliki destinasi pariwisata beragam, bahkan menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar bagi Kabupaten Bogor saat ini.

“Potensi Bogor selatan cukup banyak, bahkan kita penyumbang terbesar PAD. Sehingga jika jadi DOB, potensi tersebut akan kita kelola sendiri untuk kemajuan Bogor Selatan dan kesejahteraan warganya,” ucap Heri.

Dengan segala kesiapan dan kemampuan yang menjadi syarat utama pemekaran wilayah, Bogor Selatan optimistis bisa jadi DOB.

Heri menyebut, dari sisi pendidikan, Bogor Selatan sudah memiliki SD hingga perguruan tinggi. Sektor industri, juga sudah banyak pabrik berdiri dan banyak investor yang membangun perusahaan di wilayah Selatan Bogor.

Baca juga:  Pemkab Tak Kunjung Memperbaiki, Warga Insiatif Perbaiki Jalan Secara Swadaya

“Apalagi bicara wisata, kita memiliki banyak destinasi wisata yang saat ini sudah ada yang maju dan mulai berkembang,” kata Heri.

Ketua Presidium Masyarakat Bogor Selatan (PMBS) Muhamad Mukhsin menyebut inisiatif pembentukan Kabupaten Bogor Selatan bermula dari saling silaturahmi para tokoh dan tetua. Dalam silaturahmi yang sering dilakukan terbentuklah gagasan dan kesepakatan serta pemahaman yang sama untuk pemekaran Bogor Selatan menjadi Kabupaten baru.

“Kita memiliki tujuh Kecamatan, kita sudah mulai pembentukan pengurus di akar rumput,” kata Mukhsin.

Tujuh kecamatan yang saat ini ada di Bogor Selatan, yakni Ciawi, Cisarua, Megamendung, Caringin, Cijeruk, Cigombong dan Tamansari.

Menurut Mukhsin masing-masing wilayah kecamatan ini sudah memiliki pelbagai syarat, baik secara industrial dan pariwisata, untuk menjadi PAD utama Kabupaten Bogor Selatan. “Jika nanti terbentuk, ini akan menjadi sejarah kemajuan bersama dan banyak orang terlibat dalam agenda DOB ini,” kata Mukhsin.

Tags: