Pemkab Tak Kunjung Memperbaiki, Warga Insiatif Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Caringin, HRB

Sejumlah warga di Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, berinisiatif memperbaiki kerusakan jalan di wilayah mereka secara swadaya. Warga pun rela merogoh kocek sendiri memperbaiki jalan yang merupakan salah satu aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tersebut membangun jalan tersebut demi kelancaran transportasi serta penunjang berbagai aktivitas mereka.

Warga pun tampak antusias melakukan pengecoran secara manual tersebut. Padahal ruas jalan Cinagara-Tangkil tersebut sempat diperbaiki melalui perawatan rutin pada akhir tahun 2022 lalu. Namun  hanya bertahan sekitar empat bulan saja, dan kondisinya kembali rusak.

Asep agam, Ketua RW 01 Desa Tangkil mengatakan, pengecoran jalan tersebut sudah berjalan selama 10 hari, mulai dari jalur perbatasan dengan Desa Cinagara.”Ini inisiatif warga sendiri, karena mereka prihatin melihat jalan yang rusak yang membuat warga yang melintas tidak nyaman,” kata Asep Agam , Selasa (23/5/2023).

Selain warga, lanjut dia, perbaikan jalan juga mendapat dukungan dari salah satu pemilik villa di desa itu. Kata Agam, si pemilik villa pun memberikan bantuan material demi kepentingan umum. Perbaikan jalan tersebut bertujuan agar warga merasa nyaman saat melintas.

Baca juga:  Sejumlah Jembatan di Jalur Bocimi Jadi TPS 

“Kami sangat berterima kasih kepada pak Robert, salah satu donatur yang sudah berpartisipasi dalam perbaikan jalan ini. Sebetulnya ini kan jalan milik pemkab Bogor, harusnya pemkab yang membangun. Tapi buktinya sekarang malah warga Tangkil yang membangun dengan dana pribadi,” ungkapnya.

Senada, Uwes, anggota LPM Desa Cinagara menuturkan, informasi rencana peningkatan jalan yang akan dilakukan Pemkab Bogor selama ini hanya sebatas wacana yang tak kunjung terealisasi.

“Info mau di diperbaiki, tapi sampai sekarang tak juga kunjung dilaksanakan. Katanya sih tahun ini, masa sih harus batal terus,” ujarnya.

Pihaknya pun berterima kasih kepada pemilik villa yang telah begitu peduli dengan kondisi sarana infrastruktur di wilayahnya serta masyarakat yang telah berjibaku terlibat dalam perbaikan jala

n tersebut.(asz)

Tags: