Pemkot Bogor Kukuhkan Nama Baru Dua Jalan

Kota Bogor – Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim akan mengukuhkan dan mengganti dua nama jalan yakni Jalan Kesehatan dan Ciheuleut di Kota Bogor. Jalan kesehatan akan diganti menjadi Jalan Raden Tirto Adhi Soerjo, yang merupakan tokoh jurnalistik asal Kota Bogor. Dan Jalan Ci­heuleut akan digantikan dengan nama Jalan RSA Kar­tadjumena. Kartadjumena adalah salah seorang Wali Kota periode awal kemerde­kaan RI yakni 1952-1955.

Pemberian nama jalan terse­but akan dikukuhkan pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021.

Dedie memang sem­pat mengutarakan rencana soal penggantian nama Jalan Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo menggantikan Jalan Kesehatan saat Konfe­rensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, Sekreta­riat Kantor PWI Kota Bogor berada di bilangan Jalan Kesehatan. “Kita akan ada dua nama ja­lan baru. Yang pertama Jalan Kesehatan diganti dengan namanya Raden Mas Tirto Adhi Soerjo. Beliau pahlawan nasional yang juga seorang jurnalis dan berjuang di ma­sa awal-awal kemerdekaan,” kata Dedie, akhir pekan lalu.

Baca juga:  Di Acara Bukber Kucing Hitam, Anak Yatim Doakan Dedie Rachim Walikota Bogor

Ia menambahkan, Tirto Adhi Soerjo termasuk pelopor jur­nalistik di Indonesia yang juga dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blender, Kecamatan Tanah­ Sareal.

Dengan pencanangan itu, diharapkan dapat membang­kitkan semangat pers dalam membangun negeri. Teru­tama membangkitkan marwah PWI Kota Bogor sebagai mitra Pemkot Bogor.

Lalu, sambung dia, Jalan Ciheuleut akan diganti dengan nama Jalan RSA Kartadju­mena. RSA Kartadjumena sendiri merupakan salah satu wali kota periode awal kemerdekaan yakni periode 1952-1955 dan berkontribusi cukup banyak untuk Kota Bogor. “Kita akan abadikan pada 10 November nanti,” ujar Dedie. (djm)

 

Tags: , , ,