Penataan Kawasan Suryakencana Wujudkan ‘Chinatown’ Bogor

Kawasan SuryakencanaKawasan Suryakencana Wujudkan 'Chinatown' Bogor.(foto: cky/net)

BOGOR TENGAH, HRB – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Grab Indonesia secara resmi bekerja sama untuk menata kawasan Jalan Suryakencana menjadi salah satu ikon atau karakter Kota Bogor yang multi etnis atau semacam ‘Chinatown’ sekaligus menjadi destinasi wisata andalan di masa mendatang.

Penandatanganan kerjasama kedua pihak itu dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan Direktur Bisnis Grab Teknologi Indonesia, Iki Sari Dewi di Hotel Salak The Heritage, Jalan Ir. H.  Juanda, Jumat (17/6/2022), yang disaksikan oleh

Wali Kota, Bima Arya Sugiarto, didampingi  jajaran Pemkot Bogor dan Direktur Territory Affairs Grab Indonesia, Uun Ainurrofiq.

Dalam perjanjian tersebut kedua pihak sepakat bekerjasama menata kawasan Suryakencana, diantaranya meliputi penataan jalan Rangga Gading  seperti pembuatan kios, mural tematik dan gapura serta lainnya.

Dihadapan para mitra Grab dan perwakilan perangkat daerah Pemkot Kota Bogor yang hadir, Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan paparan penataan atau revitalisasi dan background kawasan Suryakencana.

“Karakter yang dimiliki Kota Bogor harus dikuatkan. Ikhtiar kami dalam delapan tahun terakhir adalah menguatkan karakter Kota Bogor yang tidak dimiliki kota lainnya. Kota berkarakter memiliki identitas atau pembeda, otomatis roda ekonominya akan berputar,” katanya.

Menurut Bima Arya kawasan Suryakencana yang tengah ditata akan menjadi Chinatown yang berbeda dibanding kawasan serupa di daerah lain atau negara lain. Di Suryakencana nuansanya lebih beragam, secara kultur lebih kuat dan terintegrasi.

Sehingga sejarah dan cerita kebersamaan yang ada menjadi sesuatu yang bernilai. “Suryakencana merupakan etalase utama dan halaman depan kita. Mimpi kita kawasan ini akan menjadi etalase lokal dengan identitas nasional,” harapnya.

Baca juga:  Lapas Paledang Bogor Siap Tekan Potensi Peredaran Narkoba

Direktur Bisnis Grab Teknologi Indonesia, Iki Sari Dewi dalam sambutan menyebutkan, dengan semangat sinergi antara sektor swasta dan pemerintah mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Pihak Grab meyakini melalui kolaborasi tersebut dapat memberikan manfaat yang banyak bagi warga Kota Bogor.

“Kami mendukung secara penuh upaya Pemkot Bogor dalam pemulihan ekonomi. Dengan semangat kolaborasi dan ikhtiar pemerintah, sektor swasta serta para merchant yang menjadi mitra Grab diharapkan mampu membangkitkan gairah semua dan memberikan manfaat bagi warga Kota Bogor,” katanya.

Acara Temu Bisnis ini sebagai pembuka untuk memfasilitasi bagi forum-forum lain selanjutnya. Iki Sari Dewi menambahkan, berdasarkan hasil dialog dalam kunjungan bisnis dengan para pemilik restoran di Jalan Suryakencana, secara umum para pemilik restoran mendukung penuh program-program yang dijalankan Pemkot Bogor. Salah satunya digitalisasi yang dilakukan Pemkot Bogor bersama Grab Indonesia.

Jelang akhir acara Temu Bisnis  Bima Arya bersama Syarifah Sofiah serta perwakilan manajemen Grab berdiskusi terkait penataan kawasan Suryakencana bersama 20 tenant yang menjadi mitra Grab food.

Diantaranya Pizza Box, Martabak Orient, Yang Enak, Oppa Corndog, Bebek BKB, Dimsum Endut, Hai cafe, Golden Lamia, Ayam Bakar Raden, Ayam Gedebug, Pancong Ruang Rasa, Kebab Monster, Nasi Goreng Kebon Sirih dan yang lainnya. (MPG)

 

Tags: , ,