Pentingnya Wawasan Kebangsaan Dikalangan Pelajar Kabupaten Bogor

CIBINONG.HRB

Pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara, di kalangan pelajar Kabupaten Bogor. Hal tersebut dikatakan Ade Yasin pada acara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Goes to School, secara virtual di Ruang Kerja Bupati Bogor, Cibinong, Selasa (21/9/2021).

Kegiatan Forkopimda goes to school diselenggarakan hybrid yakni di Aula Wawasan Nusantara Kantor Bakesbangpol Kabupaten Bogor dan virtual melalui zoom. Kegiatan diikuti, siswa-siswi SMAN 1 Tanjungsari, SMKN 1 Cariu, dan SMK PGRI Sukamakmur.

“Wawasan kebangsaan kita, akan menentukan cara kita mendayagunakan kondisi geografis negara, sejarah, sosio-budaya, ekonomi dan politik serta pertahanan keamanan dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional,” kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Mrnurut Ade, bagaimana menempatkan diri dalam pergaulan dengan bangsa lain di dunia internasional, komitmen dan semangat persatuan dalam upaya mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia.

“Yang tercantum dalam UUD 1945 alinea ke-4 yakni, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” terang Ade.

Baca juga:  Prabowo Subianto, Dari Kabupaten Bogor Menjadi Presiden pada 2024

Ade menambahkan, kemudian terkait bela negara, bela negara dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI. Perlu digaris bawahi dasarnya ”kecintaan”, karena jika sudah cinta akan rela melakukan segalanya. Bela negara secara fisik, dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara.

”Sedangkan secara non-fisik diartikan sebagai upaya untuk berperan aktif memajukan bangsa dan negara, melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegigihan, keikhlasan, kesabaran, pengorbanan dan semangat pengabdian dalam menangani pandemi, adalah salah satu bentuk bela negara,” kata Ade.

Selanjutnya, untuk anak-anak pelajar yang ada di Kabupaten Bogor, bentuk bela negara yang paling konkrit contohnya, melestarikan budaya Indonesia, belajar dengan rajin dan berprestasi serta taat akan hukum dan aturan-aturan negara.

” Pupuk terus semangat belajar dan raih prestasi, tetap menjaga Protokol Kesehatan agar terhindar dari Covid-19 dan semoga pandemi ini dapat segera berakhir,” Tutupnya.(HRB)

Tags: , ,