Perbup 120 Kurang Tegas, Dishub Akan Tingkatkan Penindakan

Parung Panjang, HRB – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, akhirnya angkat bicara mengenai banyaknya kritikan terhadap implementasi Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Nomor 120 tahun 2021 mengenai pemberlakuan jam operasional angkutan tambang, yang dianggap tidak tegas dalam menindak pengusaha tambang yang membandel.

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bogor, Bisma Wisuda menjelaskan, sebenarnya institusinya telah melakukan sosialisasi serta penegakan dalam menjalankan Perbup nomor 120 itu. Dan, memang ada beberapa kekurangan dalam implementasinya yang harus ditingkatkan kembali.

“Kami sudah menjalankan sosialisasi dan juga memberikan sanksi terhadap angkutan-angkutan tambang yang melanggar jam operasional yang diberlakukan dalam Perbup itu. Namun, kami akui juga masih ada kekurangan dalam setiap tindakan yang kami lakukan, disamping masih banyaknya pengusaha angkutan tambang yang ‘nakal’,” aku Bisma Wisuda, Rabu (22/6/2022).

Untuk itu, lanjut Bisma, Dishub akan ikut bersama pihak kepolisian dalam operasi patuh. Dishub juga segera meningkatkan koordinasi dengan semua perusahaan angkutan dan perusahaan tambang, agar ada pengawasan uji kelaikan kendaraan atau KIR pada setiap kendaraan yang digunakan atau dioperasikan.

“Karena kendaraan–kendaraan truk tambang kebanyakan plat nomor polisi nya di luar Kabupaten Bogor. Sehingga kita sulit memantau dan mengawasi. Maka akan kita jemput bola ke lokasi perusahaan–perusahaan untuk bisa dilakukan pemeriksaan KIR nya,” papar Bisma.

Sedangkan Kanit Satpol PP Kabupaten Bogor Dadang Kosasih menjelaskan, pasca terjadinya kecelakaan lalu lintas beruntun di jalan Cijapar Parung Panjang belum lama ini, pihaknya langsung melakukan operasi terhadap lalu lalang truk tambang.

“Sebenarnya kami atas arahan pimpinan kecamatan dan dinas, sudah melakukan operasi sejak awal Perbup Bogor nomor 20 tahun 2021 diberlakukan. Tetapi personil kami terbatas, dan kami hanya membantu dari sisi ketertiban umum,”‘ ucap Hengki, sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, di dua hari terakhir (Senin dan Selasa) ini, dipastikan Perbup 20 tahun 2021 berjalan maksimal dan tidak ada pelanggaran jam operasional oleh kendaraan angkutan tambang.

Baca juga:  Ruas Jalan Cikereteg Rusak Parah, UPT Jalan Ciawi Ngakunya Akan Diperbaiki Tahun Ini

“Silahkan di cek ke lapangan. Walaupun kemarin – kemarin banyak pelanggaran itu karena keterbatasan personil yang kami miliki. Apalagi ada tugas lain yang harus kami jalankan. Intinya perlu ada kerjasama semua pihak dan kesadaran para sopir dan perusahaan tanbang,” tandasnya.

Pembuktian jika pelaksanaan Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Bogor nomor 120 tahun 2021 tentang aturan jam operasi truk tambang, masih tidak digubris oleh pengusaha tambang diakui Ketua Masyarakat Pejuang Bogor (MPB) Atik Yulis Setyowati, yang melihat masih banyak angkutan tambang yang lalu lalang pada siang hari.

Atik Yulis Setyowati. Ia mengatakan, aturan sudah tegas dibuat tapi implementasinya di lapangan belum ditegakkan secara benar.

“Seharusnya di setiap titik kecamatan ada petugas yang berjaga terutama di jalur yang rawan dilintasi dan petugas Dishub harus berani bertindak tegas disambung dengan penilangan oleh pihak Satlantas Polres,” tandas Bunda Atik, sapanya, Selasa (21/6/2022) lalu.

Ia menegaskan, sebuah aturan itu dibuat untuk dilaksanakan dan ditegakkan. Tapi jika tidak ada keberanian dan ketegasan akan diremehkan oleh para oknum sopir, oknum perusahaan armada dan oknum perusahaan tambang.

“Wibawa Pemda Kabupaten Bogor terutama Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Muspika dan Satlantas seolah olah dilecehkan oleh para pengusaha tambang yang ada di Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Bunda Atik juga meminta agar Dishub Kabupaten Bogor bisa tegas soal muatan kendaraan tambang yang overload capacity (melebihi kapasitas) dan sangat membahayakan di jalan.

“Harus ada pengecekan juga kelaikan armada tentang remnya masih layak atau tidak, juga tentang sopirnya punya SIM atau tidak, bersih dari narkoba atau tidak, sedang tidak dalam keadaan mabuk alkohol atau tidak,” pintanya. */Axl

Tags: ,