Perlombaan Tari Tobello Meriahkan Peringatan HUT IAD ke-XXIII Tahun 2023

IAD JabarKetua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Jawa Barat, Ny. Lydia Sutiawarman

Bandung, HRB

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Jawa Barat, Ny. Lydia Sutiawarman, didampingi oleh Pengawas IAD Wilayah Jabar, Ade Sutiawarman, menyaksikan perlombaan tari Tobello yang diselenggarakan di Aula R. Soeprapto Lantai 8 Kejati Jabar, Senin, 10 Juli 2023.

Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Jawa Barat, termasuk Daerah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Cimahi.

Lomba tari Tobello ini diikuti oleh perwakilan dari tiap Bidang di Kejati Jabar, serta anggota IAD dari Daerah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Cimahi.

Peserta terlihat mengenakan kostum-kostum beraneka ragam dan warna, menambah semaraknya acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Ade Sutiawarman, Ketua IAD Wilayah Jabar, menyampaikan bahwa acara ini merupakan bagian dari peringatan HUT IAD ke-XXIII tahun 2023.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan para generasi muda terhadap kesenian dan budaya asli Indonesia,” ujarnya.

Ny. Ade Sutiawarman juga menekankan bahwa ini adalah bentuk nyata dari peran serta IAD Wilayah Jabar dalam menjaga dan melestarikan budaya asli Indonesia.

Baca juga:  Sekda Inginkan Peringatan Otda Lahirkan ASN Berakhlak 

Dalam era globalisasi dan modernisasi yang semakin pesat, penting bagi kita untuk tidak melupakan akar budaya dan seni yang menjadi identitas kita sebagai bangsa Indonesia.

Melalui acara seperti lomba tari Tobello ini, kita dapat mendorong generasi muda untuk menghargai dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

Keterlibatan IAD Wilayah Jabar dalam Merawat Budaya Asli Indonesia

IAD Wilayah Jabar sebagai lembaga yang terdiri dari para istri pegawai Adhyaksa di Jawa Barat memiliki peran yang signifikan dalam menjaga keberlangsungan budaya asli Indonesia.

Mereka tidak hanya berperan sebagai pendamping suami dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Adhyaksa, tetapi juga turut serta dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan seni, budaya, dan sosial kemasyarakatan.

Dalam konteks perlombaan tari Tobello ini, IAD Wilayah Jabar telah berhasil menciptakan momentum yang penting dalam upaya pelestarian budaya.

IAD Wilayah Jabar mendorong anggota dan masyarakat sekitar untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan seni dan budaya. Dengan demikian, budaya asli Indonesia dapat terus hidup, lestari, dan terjaga dari kepunahan.***

Tags: