Pimpinan DPRD Kota Bogor Sampaikan Aspirasi ke Pj Gubernur Jabar

Bogor Tengah, HRB

PIMPINAN DPRD Kota Bogor menyampaikan sejumlah aspirasi terkait dengan kondisi Kota Bogor saat ini kepada Pejabat Gubernur Jawa Barat, Bey Macmuhdin. Aspirasi disampaikan ketika pimpinan dan anggota DPRD Kota Bogor bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor menerima kunjungan kerja Pj Gubernur Jabar di Balai Kota Bogor, Senin, 11 September 2023.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto mengatakan, isu PPDB yang kemarin sempat menghangat di Kota Bogor, menunjukkan kebutuhan sekolah negeri mulai dari tingkat SMA dan SMP di Kota Bogor harus menjadi atensi. Sehingga, diharapkan PJ Gubernur bisa membantu pembangunan unit sekolah baru di Kota Bogor dengan menggunakan Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Barat.

Menurut Atang, jika bankeu diberikan, maka DPRD Kota Bogor bersama Pemerintah Kota Bogor akan menyediakan lahan yang tepat untuk dibangun unit sekolah baru. “Kami berharap ini bisa dibantu oleh Provinsi Jabar. Insyaallah pak wali akan menyiapkan lahannya dan kami di DPRD Kota Bogor akan membantu hal lainnya, mudah-mudahan Kota Bogor ini kedepan akan terus bisa melahirkan para pemimpin terbaik karena pendidikan yang layak,” ucapnya.

Atang juga menyampaikan harapannya kepada PJ Gubernur Jabar, agar bantuan untuk covering BPJS-PBI dari Provinsi Jawa Barat bisa ditingkatkan di tahun depan. Sebab, berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, saat ini peserta BPJS Kesehatan di Kota Bogor hampir mencapai 100 persen.

Baca juga:  Babak Final Piala Bupati Bogor U19 Tertunda, Iswahyudi: Alhamdulillah ada bantuan dari Pak RY

“Memang kurang sedikit lagi yang belum dan kalau seandainya kemampuan APBD jawa Barat yang mencapai Rp50 triliun barangkali bisa membantu covering di Kota Bogor sampai 100 persen karena ini bantuan BPJS PBI ini sangat dibutuhkan oleh warga di Kota Bogor,” tutupnya.

Wakil Ketua II DPRD Kota Bogor, Dadang Iskandar Danubrata menyampaikan aspirasinya terkait bantuan untuk penanganan bencana. Untuk diketahui di wilayah Kecamatan Bogor Selatan, tahun lalu banyak terjadi bencana tanah longsor yang merusak rumah warga.

Dadang sebagai wakil rakyat dari dapil Bogor Selatan, meminta kepada PJ Gubernur Jabar, agar bantuan untuk penanganan dan pasca bencana bisa disalurkan kepada warga. “Di Bogor Selatan banyak titik rawan bencana. Bahkan tahun lalu pun terjadi longsor yang menyebabkan kerusakan sangat parah. Warga berharap Pemerintah Provinsi Jabar dapat menyalurkan bantuannya untuk penanganan dan psca bencana menggunakan APBD Provinsi,” ungkap dia.

Adapun PJ Gubernur Jabar, Bey Machmudin menyampaikan terkait dengan infrastruktur pendidikan, ia ingin mendalami terlebih dahulu terkait keuangan daerah. Sebab, keinginan ini juga disampaikan oleh daerah lainnya di Jawa Barat. Sehingga ia perlu melakukan pemetaan terkait prioritas bantuan yang akan diberikan.

“Nanti kami lihat dulu, karena semua kota kan juga ada permintaan yang sama. Nanti kita prioritas mana yang diutamakan,” jelasnya. (Ozi)