Pohon Tumbang, Jalan Jonggol Macet Hingga 2 KM

Foto : Pohon tumbang di Jl Raya Jonggol.,(Asep/hrb)

JONGGOL – Sebuah pohon besar di Jalan Raya Ruas Jonggol Desa Cibucil Kecamatan Jonggol, mengalami tumbang hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas sepanjang dua kilometer, Jumat (18/06/2021).

Menurut warga setempat, Toni (40) mengatakan tumbangnya pohon ini dikarenakan usia pohon sudah lapuk termakan usia. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun menyebabkan kemacetan hingga dua kilometer.

“Tiba-tiba jatuh ke jalan, karena pohonnya besar dan menutup jalan sehingga sebabkan macet sampai dua Kilometer. Tapi, untungnya pas sepi kendaraan yang melintas,” katanya kepada wartawan HRB, di lokasi kejadian.

Warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung mencoba memindahkan pohon tersebut dengan cara memotong menggunakan alat manual. Karena penangan awal hanya menggunakan manual.

“Macet parah dampaknya. Ini lagi dipotongin dan dibersihin sama warga, ada yang pakai mesin gergaji ada juga yang pakai golok lumayan lama,, sambil menunggu petugas datang,” ucapnya.

Baca juga:  1.870 Warga dan Pelajar Jonggol Berhasil tervaksin

Sementara itu, Aris (35) pengguna jalan mengaku prihatin dengan adanya kejadian pohon tersebut. Diakuinya beruntung pas kejadian tumbangnya pohon kondisi pengendara sedang lengang.

“Untung pas sepi yang lewat. Ngeri juga kalau pas lagi rame, bisa makan korban itu,” kata Aris.

Dia berharap kepada pemerintah khususnya Dinas Pertamanan untuk bisa mengawasi pohon-pohon yang ada di jalan dengan melakukan pengecekan secara berkala.

“Ini jadi pelajaran dinas terkait agar selalu teliti dan rutin melakukan pengecekan pohon yang masih layak dan yang tidaknya. Hal ini agar tidak terulang kejadian seperti sekarang yang dikhawatirkan bisa membahayakan pengguna jalan,” pungkasnya.

Camat Jonggol, Andri Rahman menanggapi insiden ini 

langsung berkoordinasi dengan pihak Damkar Cileungsi, Polsek, Binpol dan UPT kebersihan untuk dilakukan penanganan cepat.

“Mereka turun untuk memotong dan membersihkan ranting, dahan, dari jalan menggunakan senso. Penanganannya  memakan waktu sekitar 1 jam,” terangnya.(As)

 

Tags: