Presidium Beberkan Kajian Kecamatan Jonggol, Jadi Ibu Kota Bogor Timur

Foto: Presidium Beberkan Kajian Kecamatan Jonggol, Jadi Ibu Kota Bogor Timur.(HRB)

JONGGOL – Tahapan pemekaran Bogor Timur sebagai Daerah Otonom Baru (DOB) terus bergulir. Setelah mendapat persetujuan dari Gubernur dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, kini proposal pemekaran Bogor Timur memasuki tahapan pembahasan di tingkat pusat.

Selain terus mengawal proses pengajuan DOB Bogor Timur, Presidium Bogor Timur sebagai lokomotif pembentukan DOB terus melakukan berbagai persiapan. Salahsatunya dengan menyiapkan wilayah yang nantinya akan menjadi ibu kota Bogor Timur, sekaligus pusat pemerintahan.

“Berdasarkan hasil kajian dan geografis, maka wilayah yang nantinya akan menjadi ibu kota Bogor Timur sekaligus pusat pemerintahan adalah Kecamatan Jonggol. Karena letak Kecamatan Jonggol tepat berada di tengah-tengah. Sehingga akan mempermudah masyarakat Bogor Timur untuk mendapatkan pelayanan,” kata Ketua Presidium Bogor Timur, Al Hafiz Rana kepada HRB, Sabtu (10/07/2021).

Alhafis menjelaskan, kontur tanah di Kecamatan Jonggol yang stabil sangat memungkinkan untuk dibangun pusat pemerintahan. Ditambah lagi di wilayah Kecamatan Jonggol, masih banyak lahan kosong yang dapat dibangun pusat pemerintahan.

“Seperti kita ketahui bersama jika wilayah lain seperti Kecamatan Cileungsi, Kecamatan Gunung Putri dan Kecamatan Klapanunggal sudah sangat padat penduduk dan sudah menjadi wilayah industri. Jadi, Jonggol adalah lokasi yang paling memungkinkan untuk menjadi ibukota dan pusat pemerintahan,” bebernya.

Baca juga:  Pencemaran Setu Wanaherang Kerap Terjadi Kinerja Satgas DLH Bikin Kecewa

Selain itu, kata Hafiz pemilihan Jonggol sebagai Ibu Kota Bogor Timur, adalah untuk terjadinya pemerataan baik dari sisi pembangunan, ekonomi maupun sosial. Sehingga ke depan, pembangunan di bogor timur lebih merata.

“Jadi jika kita melihat dari berbagai aspek, pemilihan Jonggol sebagai ibukota bogor timur serta pusat pemerintahan sudah sangat tepat. Tinggal sejauhmana pematangan lokasi yang nantinya akan dijadikan sebagai pusat pemerintahan, ” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Bogor, sebelumnya sudah menetapkan Kecamatan Jonggol sebagai calon ibu kota Bogor Timur dalam persiapan calon Daerah Otonomi Baru (DOB). Hal ini dibenarkan Burhanudin Sekda Kabupaten Bogor pada April 2021 lalu, jika persiapan lahan untuk dibangunnya pusat ibu kota telah dilakukan beberapa tahun lalu. Bahkan , tersedia lahan seluas 15 hektar berada di Desa Singasari Kecamatan Jonggol untuk rencana lokasi calon Ibu Kota Kabupaten Bogor Timur.(Tfk/AS)