Program Brain Gym dan Periksa Mata Tingkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Bina Graha Kota Bogor 

BOGOR KOTA, RBN – SMP Bina Graha Bogor tengah menggencarkan program Brain Gym sebagai upaya meningkatkan konsentrasi belajar. Kepala Sekolah, Lala Nurrela,  M.Pd telah terlibat sejak awal dalam program ini dan berupaya mengenalkannya kepada guru-guru untuk memahami manfaat dan tujuannya.

Program kali ini khususnya ditargetkan untuk siswa kelas 9, yang saat ini bersiap menghadapi ujian dan melanjutkan ke jenjang SMA. 

“Kelas 3 di SMP Bina Graha menjadi prioritas, dengan harapan efek positifnya dapat berlanjut ke kelas lain di masa mendatang,” ungkap Lala.

Brain Gym ini dirancang untuk membantu siswa mengatasi hambatan mental seperti rasa malu, kecemasan, dan kurangnya percaya diri. Gerakan-gerakan sederhana yang diajarkan dalam program ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses belajar, meningkatkan potensi diri, dan merangsang ekspresi positif.

Lala menjelaskan bahwa program ini telah memberikan perubahan positif pada siswa, terutama dalam menghadapi situasi ujian atau presentasi. Dengan gerakan Brain Gym, siswa menjadi lebih tenang, percaya diri, dan mampu mengatasi rasa panik atau ketakutan yang dapat menghambat proses belajar mereka.

Adapun program ini mencakup 26 gerakan sederhana yang dapat dilakukan kapanpun dan di mana saja. Siswa yang mengikuti program ini diharapkan dapat merasakan perubahan dalam kemampuan hafalan dan pemahaman materi.

Sebagai instruktur Brain Gym, Prima Alamanda, yang akrab dipanggil Lala, berbagi bahwa minatnya terhadap program ini muncul dari keinginannya membantu anak-anak berkebutuhan khusus. “Awalnya saya belajar tentang Brain Gym untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Namun, saya sadar bahwa manfaatnya dapat diterapkan secara luas untuk semua siswa,” ujarnya.

Selain Brain Gym, ada juga pemeriksaan mata gratis untuk para siswa jelas 9. Ada sebanyak sekitar 294 siswa yang diperiksa pada agenda di SMP Bina Greha Kota Bogor hari ini.

Baca juga:  Tindak Pencabulan Anak di Kabupaten Bogor: Panggilan untuk Penegakan Hukum dan Peran Pemerintah Daerah

Anis Mongan dari Yayasan Amal Mata mengatakan, melalui kegiatan hari ini di SMP Bina Graha memberikan pemeriksaan mata gratis kepada siswa-siswi kelas 9 ini merupakan kegiatan bakti sosial (Baksos) dari Yayasan Amal Mata di PBB (Persatuan Bangsa-bangsa) yang berpusat di Utah Amerika Serikat dan untuk kantor di Indonesia beralamat di Roxy Mas, Jakarta. 

“Banyak sekali yang kita temukan saat pemwriksaan mata dari siswa-siswi SMP Bina Greha yang matanya mengalami minus dan silinder, dengan kegiatan ini bisa mengantisipasi dan mengetahui kondisi mata dari siswa,” ujar Anis.

Anis juga mengingatkan kepada seluruh siswa untuk tidak menggunakan telepon seluler sambil tiduran arau miring, karena itu yang menyebabkan edek terbesar dari mata silinder.

“Program ini mendapat apresiasi positif dari orang tua siswa, yang menyadari pentingnya deteksi dini terhadap masalah mata, terbukti ada juga yang ikut diperiksa matanya beberapa orang tua siswa SMP Bina Greha Kota Bogor,” pungkasnya.

Rizki Rivai, seorang siswa kelas 9, menyampaikan bahwa setelah mengikuti program Brain Gym secara teratur, ia merasakan perubahan positif dalam fokus dan semangat belajarnya. Ia juga berharap program ini dapat diperluas ke sekolah-sekolah lain untuk memberikan manfaat lebih luas kepada masyarakat.

Dengan semangat positif dan hasil yang terlihat, SMP Bina Graha berencana untuk terus mengembangkan program Brain Gym sebagai bagian integral dari pendekatan pembelajaran mereka. Program ini diharapkan dapat menjadi investasi berkelanjutan dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan kesejahteraan siswa.

Tags: , , , ,