Proyek Double Track Abaikan Keselamatan Warga

Kota Bogor – Wakil Ketua II DPRD Kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti laporan kerugian moril dan materil yang di akibatkan oleh bencana longsor pembangunan proyek double track Bogor-Sukabumi.

Pernyataan itu disampaikan Dadang, saat menerima keluhan sejumlah warga Sirnasari, Kelurahan Empang, Bogor Selatan, yang terdampak proyek double track, di ruang serbaguna Gedung DPRD Kota Bogor, Selasa (9/11/2021).

Warga Sinarsari mendatangi wakil rakyat tersebut untuk mengadukan nasibnya kepada Wakil Ketua II DPRD Kota Bogor. Mereka meminta Dewan untuk segera menindaklanjuti laporan kerugian moril dan materil yang di akibatkan oleh bencana lonngsor pembangunan proyek double track tersebut.

Menanggapi keluh kesah warga tersebut politisi PDI-Perjuangan ini mengaku akan memanggil pihak Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) untuk klarifikasi dan menyampaikan tuntutan masyarakat terdampak.

“Tugas kami di DPRD adalah menampung aspirasi warga dan kita akan coba menjembatani keluhan warga dan LBH dengan pihak DJKA. Maka kami akan panggil secepatnya perusahaan yang mengerjakan proyek double track di sana, sehingga nantinya kita bisa lakukan mediasi,” ujar Dadang.

Baca juga:  Gegara Tugu ‘Bogor Sport Tourism’, Saluran Irigasi Kadumanggu Hilang

Dadang juga menyatakan bahwa proyek double track Bogor-Sukabumi terkesan teledor. Sehingga ia akan membuat rekomendasi khusus agar tidak ada lagi korban atau kerugian yang diterima oleh warga disekitar lokasi proyek.

“Sekarang saya lihat di Parung Jambu ngeri banget, karena di bawah masih ada perumahan penduduk, sedangkan di atasnya hanya tanah ditumpuk. Seharusnya kontraktor bisa membuat tempat penampungan tanah (TPT) semi permanen agar tidak terjadi bencana. Jangan sampai ada korban dulu baru dikerjakan,” tuturnya.

Kondisi cuaca ekstrem yang sering melanda Kota Bogor, membuat pihaknya akan mendesak pihak kontraktor memperhatikan keselamatan warga.

“Saya akan support suara warga Sirnasari dan tindaklanjuti dengan koordinasi bersama aparat wilayah, dan tadi sudah dijawab oleh Lurah Empang bahwa akan diadakan rapat dalam waktu dekat,” kata Dadang. (djm)

Tags: , ,