Proyek Jalan Desa Sanja Diduga Jauh Dari Spesifikasi

Foto: jalan baru di hotmix desa sanja.(HRB)

CITEUREUP – Pemerintahan Desa Sanja, Kecamatan Citeureup, merealisasikan anggaran Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahap 1 untuk pembangunan hotmix jalan desa. Dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Bogor sebesar Rp. 400.000.000,-

Diketahui, hotimix jalan desa tersebut dengan volume, Panjang 500 Meter x Lebar 3,5 Meter x Tinggi 0,05 Meter. Adapun realisasinya dilakukan di Dua titik, Titik 1 yakni di Kampung Sanja RT 04 RW 02 dan Titik 2 yakni Kampung Sanja RT 03 RW 05.

Dari keterangan warga yang enggan disebut namanya, proyek tersebut jauh dari spesifikasi. Pasalnya, ketebalan hotmix pada kondisi dilapangan berbeda dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang ada.

“Dari ketebalan hotimix dan kerapihannya bisa terlihat dan dipertanyakan,” ujarnya.

Baca juga:  Karyawan dan Manajemen Cresyin Indonesia Berseteru Soal Uang PHK

Menaggapi ini, Sekertaris Desa Sanja, Hadi mengatakan jika semua itu sudah sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB). Bahkan ada anggaran TPK dan Pajak.

“Dengan Anggaran segitu harus berapa meter. Jadi, kalau ada keluhan nanti saya sampaikan kepada kontraktor,” kata Hadi saat ditemui HRB, Kamis (15/07/2021).

Sementara itu, Subcon selaku kontraktor proyek jalan desa, berkilah jika dasar spek yang berbeda itu dilihat dari mananya. Karena semua itu diakuinya sudah sesuai RAB.

“Dasar tidak sesuai speknya dari mana ya pak?, dan info itu dari mana. Tapi lebih jelasnya silahkan tanya ke desa,”