Puluhan Tahun Terisolasi Jaringan Internet Akhirnya Warga Ciguha “Merdeka Sinyal”

Nanggung, Rakyat Bogor.net – Setelah sekian lama terisolasi akses komunikasi atau blank spot, akhirnya Kampung Ciguha, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung kini sudah bisa mengakses sinyal internet.

Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerjasama dengan PT Telkomsel dan PT. Telkom dan pihak terkait kini dapat mewujudkan Kampung Ciguha menjadi “Kampung Merdeka Sinyal”.

“Alhamdulillah syukur kepada Allah SWT, bertepatan Harkitnas ke-116 tahun dan menjelang hjb 542, kita tahu kampung ciguha selama ini adalah kampung yang terisolasi dengan akses Komunikasi, atau masih daerah blank spot,” ungkap Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu kepada wartawan disela kunjungannya ke Kampung Ciguha pada, Senin 20 Mei 2024.

Pada kesempatan itu juga, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu juga melakukan test dengan langsung berkomunikasi dengan Pj Gubernur Jawa Barat melalui ponselnya di Kampung Ciguha.

“Alhamdulillah kita saksikan bersama kami dapat langsung berkomunikasi, langsung melaporkan launching ini kepada bapak PJ Gubernur yang sedang ada di Bali bahwa hari ini kampung ciguha sudah bebas merdeka dan sudah terbuka akses informasi,” katanya.

Baca juga:  Pengendara Roda Dua Lega, Jembatan Cikereteg Sudah Bisa Dilintasi

Asmawa Tosepu menyampaikan pesan dari PJ Gubernur Jawa Barat atas terbukanya akses informasi di Kampung Ciguha tersebut. Dibukanya akses sinyal internet tersebut diharapkan dapat berdampak positif terhadap perkembangan teknologi informasi.

“Mudah-mudahan dengan merdeka bebas kita mengakses informasi ini akan memberikan dampak positif, terutama dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Juga pendidikan, bagaimana bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kita, anak-anak sekolah kita bisa belajar online, mencari materi pembelajaran secara online,” katanya.

Pencanangan program merdeka sinyal secara langsung dihadiri Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupateb Bogor, Wawan Haikal Kurdi, Kepala Diskominfo, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Forkopimcam Nanggung, perwakilan APDESI wilayah Bogor Barat, para Tokoh Masyarakat Ciguha dan pihak PT Telkomsel juga PT. Telkom. (Fex)

Tags: , , ,