Ratusan Petani Cibungbulang Ikuti Bimtek

Cibungbulang – Ratusan petani se-Kecamatan Cibungbulang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pemanfaatan teknologi, iklim dan air yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) petani di Kabupaten Bogor.

Kegiatan itu dibuka oleh Staf Ahli DPR RI, Daden Wijaya, sekaligus mewakili anggota Komisi IV DPR-RI Ikhsan Firdaus, berlangsung di aula Kantor Desa Dukuh, Kecamatan Cibungbulang difasilitasi oleh Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi (Balitklimat) Balitbang Kementrian Pertanian itu di hadiri lebih dari seratus orang petani se-Kecamatan Cibungbulang.

Dalam kegiatan Bimtek itu para petani juga menyampaikan beberapa kesulitan dan kendala yang dihadapi para petani seperti bagaimana mengatasi penyakit atau hama tanaman.

“Tentu tadi juga ahli menyampaikan pandangannya sehingga mereka (petani) mendapatkan solusi apa yang harus dilakukan pada saat bercocok tanam,” ungkap Daden Wijaya, Kamis (4/11/2021).

Daden Wijaya mengatakan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi para petani  dengan pemanfaatan iklim dan air.

“Agar para petani lebih produktif dalam bertani,” ungkapnya.

Daden Wijaya mengatakan, berangkat dari Bimtek itu pihaknya juga akan menyerap apa yang menjadi kendala-kendala para petani.

“Seperti tadi ada keluhan dari petani, mereka ini bisa bercocok tanam tetapi kesulitan untuk menjual, kalau berbicara keluhan tentu kita tampung walaupun masih ada korelasinya tetapi sebenarnya tujuannya bukan itu,” katanya.

Baca juga:  Warga Protes Pemasangan Kabel Jaringan Internet

Daden Wijaya menyampaikan, bahwa kendala kendala itu juga akan menjadi catatanya sebagai bahan laporan kepada anggota Komisi IV DPR RI Ikhsan Firdaus untuk dicarikan solusinya.

“Tadi juga secara virtual sudah disampaikan ke pak Ikhsan Firdaus bahwa hal-hal seperti ini memang keluhan yang biasa dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Kegiatan Bimtek pemanfaatan teknologi, iklim dan air tersebut kata Daden Wijaya, merupakan kegiatan ke enam.

“Ada lagi kegiatan berikutnya, Bimtek pertanian tanaman pangan, bagai mana para petani ini bisa mendapatkan program langsung bantuan dari pemerintah pusat leading sektor Kementrian Pertanian, itu nanti bagaimana program tersebut bisa dikelola oleh petani yang ada di kabupaten Bogor,” ujarnya.

Di wilayah Kecamatan Cibungbulang, Daden Wijaya mengatakan, ada beberapa petani yang aktif bertanj di tanaman Holtikuktura.

“Artinya petani-petani sayuran, kalau pangannya lebih kepada padi dan singkong, kalau untuk sayurannya semacam kangkung, bayam dan sayuran jenis bumbu seperti bawang, cabai dan lain sebagainya,”katanya. (gus)