Rehabilitasi SDN 02 Cipeundeuy Diduga Asal-asalan

Kades Kiarasari Akan Panggil Kontraktor

Sukajaya-Kepala Desa Kiarasari Ahyar Suryadi akan memanggil kontraktor CV. Haskar Persada. Atas adanya dugaan pengerjaan asal-asalan proyek rehabilitasi gedung SDN Cipeundeuy 02.

Ahyar Suryadi mengatakan, dirinya meminta kepada kontraktor untuk memperhatikan kualitas pekerjaannya, dan tidak asal-asalan.

“Karena gedung sekolah ini akan digunakan oleh siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, sehingga kualitas bangunnya harus maksimal, ” ucap Ahyar, Senin (23/08).

Tidak hanya itu, menurut Ahyar, yang terpenting pengawasan konsultas harus aktif dalam mengawasi proses pengerjaan yang dilakukan kontraktor. Namun kenyataan dilapangan di temukan Konsultan pengawas jarang ada dilokasi proyek untuk melakukan pengawasan.

“Konsultan pengawasnya saja tidak pernah ada dilokasi, bagaimana mau melihat adanya proses kontraktor yang sedang melaksanakan pekerjaan fisik sesuai gambar, kalau konsultan nya saja tak pernah ke lokasi proyek,” ujar Ahyar.

Ahyar menambahkan, ada nya konsultan pengawas ini tidak efektif, pengawasan yang dilakukannya tidak ada manfaat. Konsultan pengawas harusnya selalu hadir di setiap pemasangan yang sifatnya urgen, karna prioritas kualitas bangunan harus dijaga dengan baik, sebab ini menyangkut keselamatan nyawa siswa yang sedang melakukan belajar mengajar.

Baca juga:  Penertiban Bangunan DAS Cikumpeni Terkesan Dagelan

“Tak jarang sering terjadi adanya informasi pemberitaan banyak nya atap dan bangunan gedung sekolah ambruk akibat kualitas bangunan buruk, ini diakibatkan kurangnya konsultan melakukan pengawasan dengan baik,” tegasnya.

Sambung Ahyar menyampaikan, pihak Disdik juga harus ada manajemen kontrol ke lokasi untuk melihat kondisi pekerjaan yang dilakukan kontraktor, tidak harus mengandalkan konsultan pengwas yang dinilai tidak ada manfaatnya oleh masyarakat.

“Agar kualitas pembangunan nya baik dan bagus, pihak dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor juga harus ikut berperan dalam melakukan pengawasan internal, jangan sampai ada lagi kontraktor nakal, jika pengawasan proyek tersebut tidak dibenahi dari sekarang, usia pengunaannya dipastikan tidak akan bertahan lama,” pungkasnya. (Agus Komeng).