Sambangi Rumah Warga yang Ambruk, Polsek Rumpin Berikan Bantuan

Rumpin, HRB

Ambruknya rumah pasangan Ramani dan Minah warga Kampung Cijaura Desa Cidokom Kecamatan Rumpin, yang terjadi pada 7 Agustus lalu, mendapatkan perhatian dari Polsek Rumpin dengan menyambangi kondisi rumah korban untuk dilakukan pengecekan, Rabu, 9 Agustus 2023.

Kapolsek Rumpin Kompol Sumijo mengatakan, pihaknya pada saat melihat kondisi rumah Ramani memang sudah sangat tidak layak huni. Sehingga, menyebabkan rumah tersebut ambruk beberapa waktu lalu. Beruntung, keenam penghuni tidak ada yang menjadi korban jiwa pada saat kejadian.

“Saat ini seluruh keluarganya sudah diungsikan ke rumah saudaranya yang tidak jauh dari tempat kejadian,” ujarnya.

“Dalam kunjungan tersebut, kami juga memberikan bantuan kepada korban berupa 15 sak semen, beras, mie instan, dengan harapkan dapat meringankan beban yang mereka alami dan tentunya dapat bermanfaat,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, rumah milik warga Kampung Cijaura Desa Cidokom di Kecamatan Rumpin, tiba-tiba ambruk dan rata dengan tanah, Senin, 7 Agustus 2023 lalu. Peristiwa ambruknya rumah milik pasangan Ramani-Imas tersebut, juga sempat membuat geger warga sekitar lainnya.

Imas yang menceritakan awal mula peristiwa naas yang dialami keluarganya. Ketika itu dia bersama dengan anak-anaknya sedang berada di luar rumah. Namun, tanpa sebab apapun tiba-tiba rumah yang dia tinggali itu langsung ambruk begitu saja.

Beruntung, pada saat kejadian tidak ada satupun anggota keluarganya yang berada didalam rumah, sehingga kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa.

Baca juga:  Jaga Kondusifitas Wilayah, Polsek Rumpin Buka Ruang Diskusi

“Kejadian ini terjadi sekitar pukul 10:00 WIB, saat itu kami dan anak-anak berada di luar rumah, tiba-tiba saja rumah kami ambruk. Kami tinggal di rumah ini ada enam orang, termasuk empat anak kecil,” cerita Imas, Selasa, 8 Agustus 2023.

Sebelum kejadian, kondisi rumah Ramani dan Imas sendiri memang sudah sangat mengkhawatirkan. Dan kini, Imas mengharapkan adanya bantuan baik dari pemerintah kecamatan maupun Kabupaten Bogor, agar bisa merehabilitasi rumahnya kembali.

“Kami berharap kepada siapapun, terutama kepada pihak pemerintah, untuk membantu mengatasi situasi yang kami hadapi setelah rumah hancur,” harapnya.

Camat Rumpin, Ade Zulfahmi yang mengetahui kejadian tersebut memaparkan, agar keluarga Ramani dan Imas bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah, harus membuka donasi. Pasalnya, ambruknya kediaman pasangan empat orang anak ini terjadi bukan dikarenakan bencana alam.

“Mengajukan bantuan ke dinas sosial dan Baznas. Selain itu, gotong royong warga sekitar juga diperlukan untuk membantu keluarga Ramani dan mencari tempat sementara untuk tinggal,” pesannya.

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Rumpin, Atjih Djuarsih mengatakan, akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Camat dan Forkopimcam, untuk dilakukan asesmen lebih lanjut terhadap kejadian ini.

“Akan segera dilakukan asesmen setelah koordinasi dengan semua unsur di Kecamatan Rumpin,” imbuhnya.

Tags: