Sampah Menumpuk di Jalan Cikuda Cileungsi

Cileungsi – Kesadaran masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya masih sangat minim, ditambah kurangnya ketegasan pemerintah dalam hal penindakan, membuat warga yang tak bertanggungjawab dengan seenaknya menjadikan jalan sebagai tempat pembuangan sampah.

Hal tersebut terlihat di Jalan Cikuda, Desa/Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Tumpukan sampah terlihat di jalan tersebut, baik di tepi kanan dan kiri jalan berserakan sampah. Kondisi ini membuat tak nyaman pengguna jalan, karena selain timbulkan bau tak sedap juga merusak pemandangan tata kota.

Camat Cileungsi Adhi Nugraha ketika dikonfirmasikan menegaskan, pihaknya kerap melakukan penindakan maupun imbauan untuk tidak membuang sampah di jalan tersebut, namun tidak kurang diindahkan.

“Sudah diangkut empat kali dan sudah dipasang spanduk imbauan juga. Tapi pembuang sampah liar, yang sambil lewat masih membuang sampah di lokasi tersebut,” kata Adhi, Minggu (28/11/2021).

Baca juga:  Belum Dapat Lahan, Realisasi SMPN 2 Ciampea Terkendala

Sementara itu, Romlianta (40), salah seorang warga setempat menuturkan, pembuangan sampah liar di jalan tersebut sudah terjadi sejak setahun lamanya. Sampah tersebut berasal dari warga yang sengaja membuangnya ketika malam hari.

“Itu yang buang kebanyakan orang lewat ketika jam malam dan dini hari,” tuturnya.

Menurutnya, tumpukan sampah di tepi jalan ini berdampak kumuh dan bau. Ia pun berharap, aparat pemerintah segera mengambil langkah yang lebih tegas untuk penindakannya. Hal ini untuk memberikan efek jera, sehingga tidak ada lagi pembuang sampah di lokasi itu.

“Diharapkan pemerintah untuk bisa memberikan solusinya, agar di sepanjang jalan itu tidak lagi dijadikan area pembuangan sampah, oleh orang tak bertanggung jawab,” pungkasnya. (asb)