Sapi  Potong Jadi  Unggulan Ketahanan Pangan di Desa  Telukpinang

Ciawi,HRB – Pemerintah Desa Telukpinang  Kecamatan  Ciawi Kabupaten Bogor, melaksanakan  Launching  program ketahanan pangan tahun 2023.  Kamis 26/10/2023.

Beternak sapi potong menjadi salah satu  pilihan kelompok Tani di desa tersebut.

Ahmad Rifai, Kepala Desa (Kades) Telukpinang  mengatakan,  Sebagai lanjutan dari tahun 2022. yang telah bergulir,  di tahun 2023  kembali harus meneruskan dengan  menganggarkan sebagian dari Dana Desa (DD)  untuk modal  ketahanan pangan.  

“Mereka memilih akan mengembangkan peternakan  jenis sapi potong , dengan cara penggemukan,” ungkapnya seusai launching penyerahan bibit Sapi  kepada  para ketua Kelompok tani.

Ia menjelaskan,   program ketahan pangan tersebut  dibiayai adalah alokasi dari dana desa yang telah di programkan dari pusat.  

Baca juga:  Warga Rumpin Tutup Jalan Kabupaten

“Bibit Sapi potong jenis FH yang  dikembangkan oleh kelompok ditahun 2022 sebanyak enam.ekor, dan kini untuk tahun 2023 pun demikian,’jelas Kades.

Ditempat yang sama,  pendamping desa kecamatan ciawi  Hendi menyampaikan, program ketahanan pangan harus dilaksanakan oleh pemerintah desa  secara berkesinambungan,  dengan  mengalokasikan permodalan  minimal 20%  dari Dana Desa.

“Program ketahanan pangan ini dengan permodalan sebagian dari Dana Desa tahun 2023 lanjutan dari tahun 2022,  Sifatnya bukan Hibah, atau bukan juga  subsidi, bukan pula bantuan.

Namun ini adalah bagian dari sebuah rancangan untuk  pemberdayaan Masyarakat, yang harus berlanjut dan berkesinambungan,”  Pungkasnya.( Wan)