Satlantas Polresta Bogor  Luncurkan “Kampung Patuh Lodaya Berlalu lintas”

Kampung Patuh LodayaSatlantas Polresta Bogor  Luncurkan "Kampung Patuh Lodaya Berlalu lintas"
Bogor Tengah, HRB
SATLANTAS Polresta Bogor Kota  membentuk “Kampung Patuh Lodaya Berlalu lintas” yang melibatkan jajaran kelurahan hingga RT dan RW sebagai duta untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan di jalan. Program ini diluncurkan di Lapangan Sempur Kaler, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Selasa, 11 Juli 2023.
Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria  mengatakan, peluncuran program tersebut bertepatan Operasi Patuh Lodaya 2023 pada 10 Juli sampai dengan 23 Juli 2023,.
“Kampung Patuh Lodaya diharapkan dapat memberi kesadaran masyarakat untuk mau menularkan kepatuhan berlalu lintas. Kami mulai dari wilayah yang cukup patuh dan RT dan RW-nya menjadi duta,” kata Kompol Galih.
Ia menceritakan, saat ini Kota Bogor meraih peringkat ketiga tingkat Polda Jawa Barat sebagai wilayah dengan jumlah kecelakaan lalu lintas dan fatalitas kecelakaan terendah.
Angka kecelakaan berlalu lintas Kota Bogor, kata Galih, cukup kecil yakni 50 kali dalam setahun dengan kecelakaan fatal sebanyak lima kejadian. “Setengah tahun ini ada 30 kejadian, kita harap terus berkurang dan fatalitas juga menurun,” ujarnya.
Ia menyampaikan bahwa Kampung Patuh Lodaya dikembangkan menjadi 12 di enam kecamatan agar dapat lebih banyak menggerakkan lingkungannya untuk tertib berlalu lintas. Di antaranya, soal lawan arus dan parkir bukan pada tempatnya yang masih kerap terjadi dapat diimbau oleh sesama warga setempat.
Sementara, untuk kepatuhan di jalan raya Satlantas Polresta Bogor Kota mengedepankan hukum lalu lintas elektronik (ETLE) di samping juga melaksanakan penindakan secara manual. (Ipin)
Baca juga:  Ketua DPK KNPI Bojong Gede: Persoalan Sungai Kali Baru Bojong Gede Bukan Hanya Sampah

Tags: