Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin: Kebijakan Pembangunan Harus Sinkron dengan Pusat dan Provinsi

Cibinong, HRB

Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga menjabat Ketua Tim Penyusunan Anggaran Daerah (TPAD) Kabupaten Bogor, Burhanudin, mengingatkan pentingnya sinkronisasi arah kebijakan pembangunan antara Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Barat, dan Kabupaten Bogor dalam penyusunan APBD tahun 2024.

 “Pembangunan daerah tentunya harus berjalan seiring dan mendukung prioritas nasional. Oleh karena itu, perlu dilakukan sinkronisasi antara arah kebijakan Pembangunan Pusat, Provinsi Jawa Barat, dan Kabupaten Bogor dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2024,” kata Burhanudin.

Menurut mantan Asisten Pemerintahan Setdakab Bogor serta Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan itu, tema pembangunan Pemerintah Kabupaten Bogor tahun 2024 adalah optimalisasi kinerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Untuk itu, saya minta semua program kegiatan agar berorientasi pada peningkatan pelayanan publik,” jelas Burhanudin yang kerapkali mewakili Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam menyuarakan prioritas kerja serta pelaksanaan program Pemkab Bogor.

Dia juga mengatakan, alokasi anggaran pada program kegiatan perangkat daerah harus diprioritaskan untuk yang berdampak kepada peningkatan daya beli masyarakat, kemampuan membayar pajak dan retribusi daerah.

Baca juga:  Sungai Cikalong Tercemar Limbah Sawit, Pemkab Bogor Diminta Tegas

“Karenanya, saya minta agar seluruh pimpinan dan staf Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Bogor meningkatkan koordinasi, sinergi, dan kolaborasi antar perangkat daerah, sehingga APBD 2024 lebih berkualitas,” ujar Burhanuddin.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar kegiatan guna membahas sinkronisasi arah pembangunan antar Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2024, di Hotel Pullman, Kecamatan Ciawi, Kamis 27 Juli 2023 lalu.

Pada kesempatan itu, hadir narasumber dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, yang akan memberikan arahan pembangunan nasional tahun 2024. Dari Provinsi Jawa Barat dengan arah kebijakan umum pembangunan Jawa Barat tahun 2024.

“Kemudian saya selaku Sekda Kabupaten Bogor dan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), berkepentingan memberikan arahan terkait arah kebijakan umum pembangunan Kabupaten Bogor dalam rangka penyusunan APBD tahun 2024,” imbuhnya. (Cky)