Setu Tanah Baru, Ikon Baru Waringin Jaya

Bagi anda warga Kabupaten Bogor dan sekitarnya yang ingin mencari tempat rekreasi alam, tak perlu jauh-jauh ‘berpetualang. Cukup datang saja ke Kampung Tanah Baru, Desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojonggede. Disana terdapat sebuah Setu yang disulap menjadi wahana bermain keluarga yang tentunya, sangat menarik untuk dikunjungi.

Soal fasilitas, selain keindahan alam sekitar dengan view Gunung Salak, ada juga beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Seperti bola air, bebek-bebekan hingga odong-odong. Tak lupa, ada pula spot berfoto yang instagramable.

Bosan bermain, tak perlu khawatir. Sebab disana juga terdapat sejumlah outlet-outlet kuliner khas UMKM Waringin Jaya. Bicara harga, tak ada biaya masuk alias gratis. Sedangkan untuk aneka wahana yang ditawarkan, don’t worry, semuanya dijamin ramah kantong.

Kepala Desa Waringin Jaya, Rohmat mengatakan, Setu ini memang diperuntukan untuk umum. Dan buka setiap hari pada jam kerja. “Setu ini dikelola oleh Karang Taruna dan memang dibuka untuk umum. Siapa saja boleh datang untuk menikmati indahnya alam Waringin Jaya,” katanya saat ditemui Pelita Baru di kantornya, Selasa (12/10/2021).

Bicara soal ikhwal wahana ini, Rohmat bercerita, pada awalnya Setu ini bernama Setu Kandang Babi, yang memiliki fungsi sebagai pengairan dan penyerapan air bagi areal persawahan warga sekitar. Namun karena keberadaannya yang hampir terbengkalai seiring dengan laju pembangunan di sekitar, fungsi tersebut perlahan-lahan mengalami degredasi.

Baca juga:  Selami Dinginnya Wisata Alam Telaga Batu di Pamijahan

“Ya, sempat mengalami pendangkalan. Bahkan karena tak terkelola dengan baik, sempat jadi areal pembuangan sampah warga. Namun berkat program penanaman, dimana kami, Desa Waringin Jaya dipercaya oleh Kecamatan Bojonggede, akhirnya diusulkan lah normalisasi Setu pada tahun 2017 silam,” papar Kades.

Sejak saat itu, Kades mengaku langsung berinisiatif untuk menyulap Setu tak hanya kembali pada fungsinya tetapi juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata. “Toh, pada intinya kami tak merubah fungsinya sebagai penyerapan dan pangairan. BPSDA juga tak melarang untuk dimanfaatkan menjadikan tempat wisata. Yang penting terkelola dengan baik,” ungkapnya.

Perlahan tapi pasti, pelan-pelan Setu itu pun disulap menjadi lokasi wisata murah meriah bagi warga sekitar. “Langkah awal, kita ganti namanya menjadi Setu Tanah Baru karena lokasinya memang berada di Kampung Tanah Baru. Baru sedikit demi sedikit kita lengkapi fasilitasnya,” beber Kades.

Kedepan, Kades berharap Setu Tanah Baru bisa masuk dalam program Desa Wisata. “Alhamdulillah, sudah ditinjau oleh instansi terkait. Mudah-mudahan, Setu Tanah Baru bukan hanya bisa menjadi ikon desa tapi juga indikator dalam peningkatan kesejahteraan warga Desa Waringin Jaya,” tandasnya. (Fuz)

Tags: , ,