Siswa SDN Balekambang 03 Jonggol Belajar di Lantai

Jonggol, HRB

Aktitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Balekambang 03 Jonggol Kabupaten Bogor, kondisinya memprihatinkan. Pasalnya, puluhan siswa-siswi terpaksa belajar di lantai, dan hal tersebut terjadi sejak dua bulan lalu akibat tidak adanya meja belajar. 

Kepala SDN Balekambang 03 Jonggol, Rahmat membenarkan bahwa puluhan siswanya tersebut belajar di lantai. Kejadian ini, diakuinya sudah cukup lama, terhitung sejak masuk Tahun Ajaran ajaran atau setelah proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

“Ada 2 kelas yang tidak memiliki meubelair, dan satu kelasnya itu ada 20 siswa lebih. Artinya, ada sebanyak 40 siswa yang belajar di lantai selama 2 bulan terakhir ini,” kata Rahmat, Rabu ( 23/8/2023).

Baca juga:  Perhutani Serahkan Pengelolaan Goa Lalay ke Investor

Dia menjelaskan, alasan tidak memiliki mebeler dikarenakan mebeler yang lama sudah rapuh dimakan waktu sehingga tidak layak lagi untuk digunakan. “Meubeler yang lama sudah rusak dan gak layak digunakan lagi, karena dimakan oleh waktu. Jadi dua ruang kelas SDN Balekambang 03, tidak memiliki meubeler,” tuturnya.

Lanjutnya, Ia mengatakan saat ini pihaknya tengah mengajukan untuk pengadaan meubeler ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor melalui Musrenbang. “Kita sedang mengajukan pengadaan meubeler, dan informasinya kalau tahun 2024 bakal terealisasi. Yah semoga saja dalam waktu dekat, kita mendapatkan meubeler baru, dan siswa tidak lagi belajar di lantai,” harapnya. (Asb)