SMANTIC Luncurkan Program Gliters

Smantic launching program Gliters yang dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jawa Barat, Dadang Sufian Saefullah. (axl)

Cibinong – Masih minimnya minat membaca di masyarakat khususnya pada kalangan pelajar, membuat pemerintah berusaha keras untuk meningkatkan lagi minat tersebut. Hal itu yang mendasari SMAN 3 Cibinong (SMANTIC) menggagas program Gerakan Literasi (Gliters) kepada seluruh warga sekolahnya.

Program Gliters ini sendiri, menurut Wakil Kepala Humas SMANTIC, Iwan Kuswandi digagas kepada seluruh siswa dan warga sekolah agar memiliki minat membaca lebih baik lagi.

“Dengan begitu wawasan serta ilmu yang didapatkan juga bertambah. Serta bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari mereka, baik itu didalam maupun luar sekolah,” tuturnya pada saat launching Program Gliters, Kamis (04/11/2021).

Iwan memaparkan dalam program tersebut terdapat 10 program yang wajib diterapkan oleh seluruh siswa dan warga sekolah. Diantaranya Readathon, Pokca, Letasrait, Storling, Legit, Peduli, Bulogi, Gemalah, Posdiat serta Kressani.

“Sebagai contoh program Readathon adalah membaca secara marathon setiap hari Selasa. Lalu ada Pojok Baca dan juga Taman Literasi dimana kami tempatkan area membaca untuk para murid,” papar Iwan.

Ia melanjutkan, dari kegiatan gliters tersebut seluruh murid sudah harus mempunyai resume buku yang telah mereka baca. “Murid-murid kami targetkan minimal sudah membaca 3 buku dalam satu semester. Lalu, resume buku yang telah dibaca diberikan kepada para pengajar,” lanjutnya.

Baca juga:  Tuntaskan Target Pembangunan, Camat Harus Kreatif dan Inovatif 

Sementara, Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, Dadang Sufian Saefullah yang membuka launching program Gliters SMANTIC, menyambut baik program tersebut.

Menurut Dadang, gerakan literasi memang harus digagas oleh pihak sekolah. Sehingga dapat memunculkan semangat membaca dalam diri seluruh siswa.

“Literasi ini kan berkaitan erat dengan membaca. Jika, tidak dipaksakan untuk membaca sudah bisa dipastikan motivasi dalam melakukan kegiatan ini akan menurun. Makanya, dengan adanya Gliters ini banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh seluruh siswa,” ungkap Dadang.

Dia pun menilai, minat baca di kalangan pelajar sudah mulai ada peningkatan. Namun, daya membaca yang masih kurang memotivasi untuk pelajar untuk membaca.

“Apalagi sekarang, dengan semakin majunya teknologi tentunya membaca bisa dilakukan dimana saja tanpa harus lewat buku, tapi juga memanfaatkan gadget yang mereka miliki,” nilainya.

Dadang pun mengharapkan, dengan digagasnya program Gliters oleh SMANTIC bisa jadi pemicu bagi sekolah-sekolah lain untuk melaksanakan program serupa. “SMANTIC menjadi pemrakarsa dari program ini khususnya di wilayah 1 Jawa Barat. Saya harap program ini bisa terus berjalan, atau bahkan bisa diikuti oleh sekolah-sekolah yang lain,” tutup Dadang. (axl)

Tags: , , , , ,