Stok Darah Menipis, PMI Jemput Bola Pendonor

Foto: PMI Kabupaten Bogor saat kegiatan donor darah di Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi.(HRB)

CIAWI-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor mengaku kekurangan stok darah selama pandemi Covid-19. Sementara kebutuhan akan darah setiap harinya terus meningkat. Dan untuk mengantisipasinya, para petugas pun gencar melakukan upaya jemput bola ke pelosok desa mencari para pendonor.  

“Di masa pandemi ini kebutuhan akan darah kian meningkat. Sementara stok darah semakin menipis,” ujar Eman Sulaeman, petugas rekrutmen pendonor PMI Kabupaten Bogor saat kegiatan donor darah di Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, belum lama ini. 

Ia menyebutkan, setiap hari kebutuhan darah mencapai 100 kantong. Sedangkan yang masuk hanya mencapai 60 hingga 70 kantong darah saja.

“Beberapa pekan terakhir ini, kita terus melakukan jemput bola mencari pendonor agar kebutuhan darah nisa terpenuhi,” tandasnya. 

Baca juga:  Sengketa Sertifikat HGU, Penggarap Optimis Menang di Pengadilan

Sementara itu, Camat Ciawi Adi Hendryana  menyambut baik kegiatan donor darah yang digelar wilayahnya. 

“ini kegiatan ketiga kalinya yang digelar di Ciawi. Kami berharap kedepan kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin dengan cara jemput bola di tingkat desa,” imbuhnya.

 Reno, Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciawi menambahkan, kegiatan tersebut didukung penuh berbagai elemen kemasyarakatan yang ada di wilayah Ciawi. 

“Selain pemerintah desa dan muspika, kegiatan juga mendapat dukungan penuh dari organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi kepemudaan serta lapisan warga lainnya. Makanya kami melibatkan banyak pihak,” terangnya.  

Menurutnya kegiatan serupa akan digelar secara berkala setiap tiga bulan di masing-masing desa.(WAN).

Tags: ,