Sudah DItertibkan, Parkir Liar Pasar Modern Sentra Niaga Kembali Muncul

Gunung Putri  – Meski pihak Satpol PP Kecamatan Gunung Putri sudah melakukan peneguran, terhadap parkir liar di Pasar Modern Sentra Niaga Desa Wanaherang Kecamatan Gunung Putri. Namun, pada kenyataannya kegiatan parkir liar di area tersebut masih saja terjadi.

Kepala Unit Trantibum Satpol PP Kecamatan Gunung Putri, Suharto menyatakan, pihaknya sudah melakukan peneguran terhadap warga yang masih memarkir kendaraan di bahu jalan, karena dianggap mengganggu ketertiban umum di kawasan tersebut.  Namun selang beberapa jam, parkir liar kembali marak.

“Ditertibkan serta himbauan sudah kita lakukan. Adapun parkir liar yang masih membandel, kami minta pihak managemen juga ikut andil dalam menegurnya,” katanya , Minggu (19/11/2021).

Menurut Suharto, pihaknya juga menegur pihak managemen pasar tersebut, karena berkaitan dengan lingkungan pasar. Selain itu, guna menghindari hal serupa terjadi, pihaknya akan terus melakukan pengawasan pada pasar tersebut.

“Kita akan awasi terus, tentunya dengan himbauan secara humanis. Karena, yang komplain dan yang parkir liar itu warga juga, jadi sama-sama warga yang seharusnya saling menyadari,” terangnya.

Sebelumnya, penertiban dilakukan agar masyarakat sadar untuk tertib parkir dan berlalu lintas. “Berdasarkan laporan, kawasan tersebut semrawut dan membuat kemacetan juga menganggu penguna jalan,” jelasnya.

Penertiban dilaksanakan dengan melibatkan tujuh personil Satpol PP kecamatan Gunung Putri, dan penertiban ini hanya bersifat menghimbau dan mengarahkan pengunjung pasar agar parkir ditempat yang sudah disediakan oleh pengelola pasar.

“Di lokasi juga sudah dilakukan pemasang tali pembatas, yang bertuliskan parkir didalam. Kami juga menegur pihak pengelola, agar mengarahkan pengunjung pasar parkir ditempat yang sudah disediakan,” tutupnya.

Disisi lain, Kepala UPT Wilayah II Cileungsi Dishub Kabupaten Bogor, Jaya menjelaskan akan segera memanggil pihak Managemen PT.May Indo Prasetya selaku pengelola pasar Wanaherang guna mencari solusi parkir yang saat ini dinilai belum maksimal.

Baca juga:  Dishub Kembali Tegur dan Panggil Managemen Pasar Wanaherang

“Dalam waktu dekat, kami akan memanggil manajemen untuk rapat bersama, guna mencari solusi agar ditemukan jalan keluarnya. Ini dimaksud agar masyarakat nyaman untuk parkirnya,” kata Jaya.

Menurut Jaya, persoalan parkir liar yang memakan bahu jalan di pasar tersebut, lantaran adanya keluhan para pengunjung bahwa fasilitas yang disediakan pihak managemen dinilai tidak nyaman.

“Hasil konfirmasi  dengan manajemen PT. May, bahwa dari manjemen sudah mendorong ke basment parkiran, akan tetapi masyarakat enggan parkir di tempat tersebut dikarenakan begitu curam akses menuju parkirannya, apalagi sekarang musim hujan,” jelasnya.

Jaya menerangkan, pihaknya akan melakukan pemasangan Barier di lokasi pasar tersebut yang menjadi sentra parkir liar pengunjung. Hal ini guna meminimalisir kejadian serupa, yang saat ini masih terjadi meski petugas sudah melakukan peneguran.

“Besok Senin kita pasang Barier,” tutupnya.

Sementara itu, Kamal selaku managemen PT.May Indo Prasetya Pasar Wanaherang berkilah jika pihaknya sedang berupaya mencari solusi permasalahan tersebut. “Sedang dicari untuk solusinya,” kilahnya

Sebelumnya, lokasi parkir yang dikelola PT. May Indo Prasetia di Pasar Modern Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri ini, tidak bisa memberikan fasilitas kenyamanan bagi para pengunjung pasar, dikarenakan curam dan pengap. Sehingga pengunjung terpaksa mengambil bahu jalan sebagai tempat parkir kendaraan. Selain dapat menimbulkan kemacetan, bagi pengguna jalan maupun pengunjung yang lewat setiap hari membuat tidak nyaman pemilik toko, dan menganggu kenyamanan pengunjung. (asb)

Caption : kondisi parkir liar di bahu jalan Pasar Modern Sentra Niaga Wanaherang. (ASB)

Tags: ,