Sumpah Pemuda Dan Semangat Nasionalisme Milenial

Sekretaris wilayah Posko Relawan Rakyat Indonesia (Posraya Indonesia) Kabupaten Bogor, Arief Budiman

Cibinongh – Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) setiap tanggal 28 oktober adalah bukti kontribusi pemuda Indonesia dalam melawan penjajah. Dalam implementasinya, Arief Budiman selaku Sekretaris Wilayah Posko Relawan Rakyat Indonesia (Posraya Indonesia) Kabupaten Bogor menjelaskan bahwa milenial harus memiliki semangat nasionalisme dalam memaknai hari sumpah pemuda.

“Semangat nasionalisme itu harus dimiliki setiap pemuda, khususnya kaum milenial dalam mengahadapi situasi sekarang, dengan itu kita bersatu, bangkit dan tumbuh”, ujar Arief Budiman pada Rabu, (27/10/2021).

Arief yang diketahui merupakan relawan Jokowi di wilayah Bogor ini pun mengungkapkan, milenial harus menjadi bagian dari sepuluh pemuda yang dikatakan Bung Karno pada saat itu.

“Kalau Bung Karno pernah bicara beri sepuluh pemuda untuk mengguncang dunia, milenial harus menjadi salah satunya dari kesepuluh pemuda yang dimaksudkan Bung Karno”, kata Arief.

Baca juga:  Dana Samisade Tahap Satu 2023 Tersisa Rp 16 Miliar

Dalam keterangannya, Arief kembali menambahkan peran pemuda seperti yang dikatakan Bung Karno ialah bersatu dan saling menguatkan diantara kita.

“Milenial harus seperti yang Bung Karno katakan, satu sama lain kita juga harus saling menguatkan dan saling menjaga, tetap patuhi prokes dan selalu jadi agen perubahan dimana pun kita berada”, pungkasnya.

Ikrar sesungguhnya dalam sumpah pemuda, harus menjadi bagian dari semangat nasionalisme milenial saat ini.

“Janji itu harus dilekatkan dalam hati, dan wujud dari nasionalisme pemuda di implementasikan untuk kemajuan bangsa”, tutup Arief.