Survei LS Vinus, Prabowo Menang Telak di Kabupaten Bogor

LS VinusILUSTRASI: Direktur LS Vinus, Yusfitriadi
Cibinong, HRB
LEMBAGA Studi (LS) Visi Nusantara Maju (Vinus) merilis hasil survei terkait calon presiden dan calon legislatif mulai tingkat DPR RI, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kabupaten Bogor.
Hasilnya, bakal calon presiden dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), Prabowo Subianto, diprediksi akan meraup suara signifikan di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.
Dalam survei itu, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, masih mendominasi di Kabupaten Bogor. Begitupun dengan partai yang dipimpinnya, Partai Gerindra, tetap bertengger di posisi teratas.
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan LS Vinus periode 1-10 Agustus 2023, elektabilitas Prabowo berada di angka 43,04 persen. Kemudian disusul bacapres dari koalisi perubahan untuk persatuan (KPP) Anies Baswedan berada di urutan kedua, dengan suara 23,92 persen, dan bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo menempati posisi ketiga dengan perolehan 16,71 persen.
Untuk elektabilitas partai, Gerindra berada di urutan pertama dengan perolehan 35,38 persen. Di urutan kedua ada Partai Golkar di angka 12,75 persen, sementara PDIP berada di posisi ketiga dengan perolehan 11,33 persen.
Ketua Tim Survei Pemantau Pemilu Nasional LS Vinus, Rizky Riyanto mengatakan, survei ini dilakukan karena para bacapres sudah muncul dan sering ke wilayah untuk mensosialisasikannya. Selain itu, untuk mengetahui sejauh mana animo masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi lima tahunan tersebut.
“Metode survei yang kita lakukan ini mendatangi dan mewawancarai masyarakat secara langsung. Dan ketika ditanya siapa calon presiden yang akan dipilih nanti. Masyarakat Kabupaten Bogor lebih dominan memilih Prabowo. Sehingga dalam hasil survei kami, Prabowo memiliki suara tertinggi mencapai 43,04 persen,” jelasnya
Kemudian, lanjut Rizky, sampel survei untuk partai politik, presiden, gubernur, bupati, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Bogor itu sebanyak 2.400 responden, yang tersebar di semua kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Bogor.
Kita lakukan survei di 40 kecamatan dan 416 desa yang tersebar di Kabupaten Bogor, dengan 2.400 responden,” tutupnya. (Ari)
Baca juga:  Pasca Laka Lantas di Cibadak, Polisi Imbau Hati-Hati

Tags: