Swab Antigen Acak di Stasiun Bogor, Satu Positif

Foto: Calon penumpang Kereta tengah menjalani Swab Antigen di Stasiun Bogor, Senin (21/6/2021).(HRB)

KOTA BOGOR – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menggelar swab antigen acak gratis selama satu pekan terhadap pengguna Commuter Line di sejumlah Stasiun di Jabodetabek dan Cikarang, Senin (21/6/2021).

Vice President Corporate Secretary PT KCI, Anne Purba mengatakan, swab antigen digelar di 6 stasiun, yakni Bogor, Tangerang, Bekasi dan Cikarang pada pagi hari, sedangkan sorenya dilakukan di Manggarai dan Tanah Abang.

Menurutnya, langkah tersebut diambil menyusul tren kasus Covid-19 yang meningkat di wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa pekan terakhir.

“Jadi mulai hari ini kami dari KAI Commuter melakukan tes acak antigen kepada pengguna jasa commuter line. Tes antigen acak ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 karena KRL merupakan moda transportasi favorit di wilayah Jabodetabek,” katanya

Dikemukakan Anne lebih lanjut, bahwa pihaknya akan melakukan tes rapid antigen secara acak bagi pengguna KRL sebanyak 100 hingga 150 orang per hari.

 “Awalnya kita satu hari menyiapkan 100-150 orang yang akan kami lakukan tes antigen. Sepertinya hari ini akan lebih banyak karena volumenya lebih tinggi,” lanjutnya.

Anne menjelaskan, dari sekitar 200 calon penumpang yang menjalani swab di Stasiun Bogor, baru diketahui ada satu calon penumpang yang dinyatakan positif. Karenanya, pihak KCI langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, untuk melakukan Swab PCR terhadap yang bersangkutan.

“Tadi ada satu yang positif, kita sudah langsung koordinasi dengan Dinkes Kota Bogor untuk lanjutan melakukan swab PCR karena antigen harus dipastikan lagi dengan PCR,” jelasnya.

Baca juga:  Forki Kota Bogor Optimis Lolos Porprov Jabar

Diketahui, penumpang yang positif Covid-19 dari hasil tes rapid antigen itu merupakan pengguna Commuter Line yang bekerja di Jakarta.

“Dia pekerja yang melakukan aktivitasnya ke Jakarta,” imbuh Anne.

Anne memaparkan, bahwa pihaknya selalu melakukan pengawasan protokol kesehatan kepada seluruh penumpang dan para pekerja stasiun.

 “KCI telah menerapkan protokol kesehatan sejak awal pandemi Covid-19 seperti wajib memakai masker, menjaga jarak dengan melakukan penyekatan saat kondisi padat, pemeriksaan suhu tubuh, dan mencuci tangan,” paparnya..

 Sementara salah satu pengguna KRL, bernama Sarah mengapresiasi dengan digelarnya swab antigen acak tersebut. Menurutnya, hal ini penting untuk lebih mengetahui secara dini terkait kondisi kesehatannya. Dengan begitu bisa lebih cepat pula tertangani dan terantisipasi bila pada akhirnya diketahui positif covid 19.

 “Bagus sih biar ketauan. Tapi kayaknya swabnya random nggak semuanya,” ujar Sarah seusai melakukan tes rapid antigen.

 Sarah mengaku sudah tidak kaget lagi, pasalnya ia sering melakukan swab jika mengunjungi tempat tempat yang mewajibkan melakukan swab antigen.

 “Nangis dikit tapi biasa aja ya, semoga cepat pulih biar nggak ada pandemi lagi,” tutupnya.

 Caption : Calon penumpang Kereta tengah menjalani Swab Antigen di Stasiun Bogor, Senin (21/6/2021) Foto : (wml)

 

Tags: , ,