TAGANA Kabupaten Bogor Diminta Kesiapsiagaan Bencana

Cibinong – Dalam rangka menghadapi cuaca ekstrim dan dampak dari Lalina sesuai prediksi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), Anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Kabupaten Bogor, menggelar Apel dan pemeriksaan peralatan, bertempat di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Rabu (10/11/2021).

“Tujuannya agar semua pihak dan para relawan, siap dalam menghadapi bencana apapun di wilayah Kabupaten Bogor, ” kata Ketua Tagana Kabupaten Bogor, Taopik kepada wartawan.

Senada Kepala Satlak BPBD Yani Hasan mengatakan, pihaknya juga sudah membentuk relawan desa tanggap bencana, di sejumlah desa-desa yang ada di Bumi Tegar Beriman. Bahkan, sudah berkordinasi dengan TNI dan Polri, untuk pelatihan kemampuan personil dan penanganan bencana alam.

“TNI yang membina atau memberikan pelatihan aneka rescue atau penyelamatan kepada tim reaksi cepat (TRC) BPBD. Sedangkan Polri, selalu bersama-sama dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Bogor,” terang Yani.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, saat memimpin upacara Hari Pahlawan Ke-76 Tahun 2021, langsung mengecek kesiapan kesiapsiagaan bencana. Pihaknya mengingatkan seluruh pihak menyiapkan langkah-langkah dan upaya kesiapsiagaan guna mengantisipasi resiko bencana.

Baca juga:  Ditinggal Kontraktor, Proyek Rehab Ruang Perpustakaan SDN Cipopokol Mangkrak

“Saya mengingatkan pada kita semua, bahwa prakiraan bulan Oktober 2021 sampai dengan Februari 2022, merupakan puncak ancaman atau risiko bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, angin kencang seperti yang kerap terjadi di Kabupaten Bogor,” terangnya.

Pihaknya minta kepada segenap jajaran penanganan kebencanaan agar meningkatkan koordinasi antar dinas, kementerian serta TNI-Polri. Siapkan langkah-langkah dan upaya kesiapsiagaan guna mengantisipasi resiko bencana,” tandas Iwan.

“Sosialisasi, edukasi dan mitigasi pada masyarakat khususnya yang berada di wilayah rawan bencana, melalui media elektronik atau media sosial. Identifikasi kebutuhan dan ketersediaan sumberdaya serta menyiapkan tempat evakuasi yang aman sebagai langkah antisipasi, dengan mempertimbangkan Protokol Kesehatan selama masa pandemi Covid-19,” tukasnya.

Untuk diketahui, hadir dala upacara ini diantaranya, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, Kapolres Bogor AKBP Harun, Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Inf. Sukur Hermanto, Komandan Lanud Atang Sanjaya, Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, Danyon 14 Grup I Kopasus Kemang, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Sekretaris Daerah, Ketua PKK Kabupaten Bogor, sejumlah pimpinan organisasi masyarakat, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan relawan sosial. (Asb)

Tags: ,