Tagana Kabupaten Bogor Jadi Fasilitator Pembentukan KSB di Sukajaya

SUKAJAYA.HRB

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bogor, menjadi fasilitator pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) sekaligus menggelar skenario simulasi dalam menghadapi bencana yang dilakukan depan Kantor Kecamatan Sukajaya.

Giat yang digelar Kementrian Sosial (Kemensos) ini, sebagai upaya kesiapsiagaan anggota Tagana Kabupaten Bogor dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, yang kerap dialami warga di wilayah tersebut.

Ketua Tagana Kabupaten Bogor, Taofik mengatakan, pelatihan rutin digelar guna membentuk kesiapsiagaan tenaga sukarelawan dalam penanganan bencana, baik pada pra-bencana maupun pasca-bencana.

“Pemberian materi dari Kemensos ini, dalam rangka pengurangan risiko bencana seperti, pelatihan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang diikuti oleh perwakilan tiap desa se Kecamatan Sukajaya,” jelas Taopik, kepada rakyatbogor.net, Senin (27/09).

Baca juga:  World Cleanup Day, Kali Cibeet Tanjungsari Jadi Sasaran Bebersih Tagana

Dijelaskan Taopik, adapun giat simulasi yang digelar tersebut diantaranya mitigasi bencana, pembuatan roadmap atau peta Bencana, Rencana Tindaklanjut dan pengelolaan Lumbung Sosial.

“Diharapkan dengan giat ini, anggota dapat mandiri dalam penangangan bencana. Tentunya dilakukan baik sebelum bencana , saat bencana maupun sesudah bencana. Khususnya penangangan Mitigasi Bencana disetiap Desa yang ada di kecamatan Sukajaya,” tukasnya.

Untuk diketahui, selain kegiatan simulasi yang dilaksanakan Kemensos ini, pada 23 September lalu kegiatan juga dilakukan dengan penyuluhan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang di hadiri oleh pejabat Kemensos, Dinsos Jabar, Dinsos Kabupaten Bogor, Muspika Kecamatan Sukajaya serta Tagana Kabupaten Bogor.(HRB)

Tags: , , ,