Tagana-TKSK Beri Dukungan Psikososial Korban Longsor Sukamakmur 

Sukamakmur -Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bogor bersama Tenaga Kerja Sosial Kemasyarakatan (TKSK) Jonggol, melakukan dukungan psikososial dan pendistribusian bantuan logistik bagi penyintas korban bencana pergeseran tanah di Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur.

“Dukungan psikososial dan pendistribusian paket sembako ini untuk meringankan beban mereka,” kata Ketua Tagana Kabupaten Bogor, Taopik, Minggu (21/11/2021).

Menurut Taopik, korban terdampak pergeseran tanah tersebut sebanyak 41 rumah yang berjumlah 49 Kepala Keluarga (KK) atau 182 Jiwa. Mereka saat ini diungsikan di lokasi SDN Gunung Batu RT.04 RW 03 Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur.

 “Ada 40 KK 163 Jiwa. Mereka yang mengungsi kerumah saodaranya  9 KK  19 jiwa, dengan jumlah Laki-laki  86 jiwa, Perempuan 96 Jiwa dan total 182 Jiwa,” terangnya.

Sedangkan kelompok rentan diantaranya, Lansia 8 jiwa dengan keterangan 5 jiwa di pengungsian. “Tiga jiwa di rumah saodaranya yang terdiri, Balita 5 jiwa dan Bayi  5 Jiwa,” jelasnya.

Taopik mengucapkan terima kasihnya bagi para TSKS yang sudah ikut membantu dalam rangka penanganan dan perlindungan korban bencana di Desa Sukawangi.

Baca juga:  4 Pebasket Putri PPOPM Lolos Selekda Pra Popnas Jabar, Asnan AP : Ini Sebuah Prestasi untuk Basket Kabupaten Bogor

“Semoga apa yang sudah dilakukan ini, bisa membantu meringaankan beban para korban,” tukasnya.

Selain pendistribusian bantuan kepada para korban, dukungan psikososial juga dilakukan anggota lainnya oleh tim dari Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (L3K) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK ) dengan memberikan trauma healing kepada para korban saat ini.

“Trauma healing adalah proses penyembuhan setelah trauma yang dilakukan agar seseorang bisa terus melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang kejadian tersebut. Hal ini kerap kali terjadi pada anak-anak serta remaja, akibat pengalaman traumatis tertentu,” ujar Piah selaku TKSK Kecamatan Jonggol.

Untuk diketahui, personil yang terlibat diantaranya TKSK Kecamatan Jonggol, Tagana Kabupaten Bogor, Satpol PP Kecamatan Jonggol, Garda Sakti Sekata (Katar Kecamatan Jonggol),  Kencana Kecamatan Jonggol, Yayasan YKKI, Pramuka Peduli, PSM Kecamatan Jonggol, SLRT Kecamatan Jonggol,, RSK dan Relawan Kecamatan Jonggol.(Asb)