Tender Proyek Setelah Lebaran, Pemkot Alokasikan Rp 36 Miliar untuk Masjid Agung

Masjid AgungMasjid Agung

Bogor Tengah, HRB – PEMERINTAH Kota Bogor mengalokasikan dana sebesar Rp 36 miliar pada Tahun Anggaran 2023 untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Agung Kota Bogor Tender proyek masjid yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Bogor Tengah ini, dilaksanakan setelah lebaran 1444 Hijriyah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengetakan, proses lelang dilakukan lebih cepat agar proses pengerjaan selesai di akhir tahun 2023 ini. “Lelang proyek setelah lebaran tahun ini. Pelaksanaannya tidak ditunda-tunda biar cepat selesai,” katanya kepada wartawan, Kamis, 30 Maret 2023.

Mantan Camat Bogor Timur ini menceritakan, pihaknya masih melakukan revisi pada perencanaan pembangunan tahap akhir, karena ada atensi dari pimpinan daerah. Masjid Agung akan terkoneksi dengan dengan Alun-Alun Kota Bogor dan Blok F Pasar Kebon kembang.

“Bukan sky bridge bentuknya, cuma lebih kepada akses. Jadi ada tambahan, kita lakukan penyesuaian saja dan masih dibahas bersama Inspektorat. RAB (Rencana Anggaran Biaya) nya kita bedah satu-satu, baru nanti kami persiapkan untuk lelangnya,” ucap Rena.

Meskipun ada perubahan dalam perencanaan, ia juga memastikan alokasi biaya yang dianggarkan tetap atau tidak berubah. Pihak PUPR juga sudah merampungkan survei terkait pemasangan menara pada Masjid Agung Kota Bogor.

Baca juga:  Polisi Buru Pelaku Pengeroyokan di Villa Cisarua

“Alokasi anggarannya tidak berubah. Tapi kami sesuaikan saja karena ada atensi dari pimpinan soal akses tadi. Intinya kami baru pemberkasan untuk lelang, siapkan KAK (Kerangka Acuan Kerja), RAB dan lainnya,” jelas Kadis itu.

Diketahui, Masjid Agung Kota Bogor sudah bisa digunakan kembali setelah proses pembangunannya sempat mangkrak beberapa tahun. Sejak akhir tahun lalu, Masjid yang berada dekat Pasar Anyar tersebut telah dibuka dan dapat digunakan untuk beribadah.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya, memastikan pembangunan penyempurnaan Masjid Agung Kota Bogor akan dilanjutkan pada tahun 2023 ini dengan anggaran Rp36 miliar.

Diakui Bima, bahwa pembangunan Masjid Agung Kota Bogor belum sepenuhnya 100 persen rampung. Pembangunan lanjutan Masjid Agung di awali dengan ekspos perencanaan dan item-item yang akan dikerjakan oleh pihak kontraktor dalam penuntasan pembangunan Masjid Agung tahun anggaran 2023 ini.

Bima Arya meminta agar tidak ada keterlambatan pengerjaan seluruh proses agar dikerjakan secara on time atau tepat waktu.

Penuntasan tempat Masjid Agung yang terintegrasi dengan Alun-alun, saya minta pengajuannya tepat waktu” katanya.

Bima Arya juga meminta agar Dinas PUPR segera melakukan koordinasi dengan pihak DKM terkait item-item yang akan dikerjakan dalam perencanaan lanjutan pembangunan Masjid Agung itu. (Jack)

Tags: