Tidak Adil, Pemkab Bogor Hanya Izinkan Tiga Tempat Wisata Beroperasi

Taman Safari Indonesia

Cibinong – Pemerintah Kabupaten Bogor mengizinkan tiga tempat wisata untuk kembali dibuka dimasa perpanjangan keempat PPKM level 3.
Ketiga tempat wisata tersebut, adalah Taman Safari Indonesia, Taman Buah Mekarsari yang berlokasi di Cileungsi, dan Jungle Land di kawasan Sentul, Babakan madang.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Titi Sugiarti mengatakan, meski sudah diperbolehkan dibuka pemerintah daerah tetap memberlakukan aturan yang ketat.

Pertama jumlah pengunjung di batasi maksimal 50 persen dari kapasitas, kedua jam operasional ketiga tempat wisata itu hanya boleh dibuka hingga pukul 17.00 WIB.

Selain itu, pengelola wajib menyiapkan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining kepada seluruh pengunjung dan pegawai.

“Pengunjung usia di bawah 12 tahun masih dilarang untuk masuk,” kata Titi.

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Bogor menerbitkan Keputusan Bupati Bogor Nomor 442/424/Kpts/Per-UU/2021 yang merupakan penyelarasan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga:  Sebanyak 84 Persen Masyarakat Kabupaten Bogor Terdaftar di BPJS Kesehatan

Keputusan Bupati Bogor ini dikeluarkan seiring dengan perpanjangan keempat PPKM level 3 di pulau Jawa dan Bali, mulai 21 September hingga 4 Oktober 2021. Dalam surat Keputusan Bupati Bogor ini, pemerintah daerah melakukan beberapa penyesuaian aturan. Di antaranya uji coba pembukaan beberapa tempat wisata yang nantinya akan ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun, ada beberapa aturan yang tetap diberlakukan Pemerintah Kabupaten Bogor, salah satunya menutup seluruh objek wisata alam, desa wisata beserta penunjangnya untuk sementara waktu.

“Terdapat beberapa penyesuaian aturan pada PPKM level 3 perpanjangan keempat di Kabupaten Bogor,” kata Ade Yasin seperti dikutip Pikiran Rakyat Bogor dari akun Instagram Pemkab Bogor, Rabu 22 Sepetember 2021.(dkw/dj)

Tags: , , ,