Uji Adrenalin di Kampung Papalidan Sungai Cibolang

Foto: Pengunjung uji adrenalin di Kampung Papalidan Sungai Cibolang Ciawi. (Net/HRB)

CIAWI – Pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam (SDA) jika ditangani oleh Sumber Daya Manusia (SDA) yang mempuni bisa dimanfaatkan, lokasi yang semula nampak biasa saja bisa pun bisa disulap menjadi tempat yang memiliki daya tarik untuk dikunjungi.

Seperti yang dilakukan pemuda Karang Taruna Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor yang mengelola tempat wisata dengan nama Kampung Papalidan, yang berlokasi di tepi sungai Cibolang yang juga menjadi batas dua wilayah yakni Kecamatan Ciawi dan Kecamatan Caringin.

Siapa sangka, tempat yang semula jarang disambangi, kini menjadi salah satu destinasi wisata pilihan untuk dikunjungi para wisatawan.

Di tangan Andre dan teman-temannya, bantaran sungai pun mereka tata menjadi tempat yang nyaman tanpa merusak kelestarian alam.

“Datang kesini pasti dijamin seru, bawa keluarga, pasangan ataupun rekan kerja untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari,” katanya.

Menurut nya, papalidan atau river tubing dengan menggunakan alat ban karet cocok untuk mereka yang berjiwa petualang. “Derasnya arus sungai Cibolang dijamin bakal menguji adrenalin pengunjung,” katanya.

Baca juga:  Jadwal Ganjil Genap Puncak Bogor Hari ini, Kendaraan Pelat ini yang Boleh Melintas

Meski memiliki medan yang cukup menantang, Andre mengaku tetap mengutamakan faktor keselamatan pengunjung atau wisatawan dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) keamanan pengunjung.

“Jangan kuatir, selain masuk lokasi tanpa tiket, para pengunjung pun tak perlu was-was. Karena kami melibatkan para pemandu yang berpengalaman di bidangnya. Jadi selain puas main air, keamanaan dan keselamatan pengunjung baik orang dewasa atau pun anak-anak tetap diutamakan,” terangnya.

Maryeti, pengunjung asal Sukabumi mengaku mengetahui tempat ini dari cerita teman-temannya. “Banyak teman-teman yang posting status, katanya main air di tempat ini sangat seru. Saking penasaran, akhirnya saya datang langsung ke sini. Dan ternyata beneran seru abis,” tandasnya.

Cukup dengan menyewa ban dengan harga yang relatif murah, pengunjung pun bisa sepuasnya menikmati aliran sungai dengan suasana nyaman dan jauh dari kebisingan.

Selain itu, pengelola juga menyediakan fasilitas ruang bilas dan tempat bersantai bagi para pengunjung.(WAN)

Tags: , ,