UNIDA Luluskan 461 Wisudawan

Bogor, Rakyatbogor.net – Universitas Djuanda (UNIDA) menggelar Sidang Terbuka Senat Akademik dalam rangka Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 di Braja Mustika Hotel and Convention Center, Kota Bogor pada Rabu (5/6/2024).

Dalam Wisuda ke-49 ini, Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menyampaikan bahwa jumlah peserta Wisuda mencapai 461 wisudawan/wisudawati dengan rincian yakni 56 orang dari Fakultas Pertanian, 45 orang dari Fakultas Ilmu Pangan Halal, 52 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 95 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 90 orang dari Fakultas Hukum, 91 orang dari Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, 12 orang dari Magister Ilmu Hukum, 2 orang dari Magister Teknologi Pangan, serta 18 orang dari Magister Administrasi Publik.

“Atas nama Insan Akademik UNIDA, saya selaku Rektor mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati serta kepada keluarga dan kerabat, khususnya kepada para orangtua dan wali. Semoga ilmu dengan gelar sarjana yang saudara raih dapat diamalkan dan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, keluarga, bangsa dan agama. Amiin yaa Rabbal ‘alamiin,” tutur Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D.

Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D juga mengungkapkan, untuk Program Sarjana rata-rata IPK sebesar 3.49 dengan capaian IPK tertinggi adalah 3.99. Sementara untuk Progam Magister rata-rata IPK sebesar 3.75 dengan Raihan IPK tertinggi mencapai 4.00.

“Kami yakin dengan bekal ilmu yang saudara raih dari UNIDA insya Allah dapat mendorong saudara menjadi pemimpin masa depan yang mampu menggenggam dunia untuk meraih akhirat,” ujarnya.

Saat ini, UNIDA mengelola 22 Program Studi, dengan rincian 17 prodi S1, 4 prodi S2 dan 1 prodi D4. Adapun Program Studi tersebut adalah Agribisnis, Akuakultur, Peternakan, Agroteknologi, Teknologi Pangan dan Gizi, Teknologi Industri Pertanian, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komputer, Sains Komunikasi, Administrasi Publik, Hukum, Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Magister Hukum, Magister Teknologi Pangan, Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen Pendidikan Islam, dan Bisnis Jasa Makanan.

Selain itu, UNIDA juga terus melakukan pembenahan kualitas dan kuantitas pelayanan pendidikan dengan membuka program studi baru. Tercatat pada tahun 2024, UNIDA telah membuka dan melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk program studi D4 vokasi Bisnis Jasa Makanan dan program studi S2 Magister Manajemen Pendidikan Islam. Beberapa program studi lain seperti program studi Magister Administrasi Pendidikan, Magister Kenotariatan, dan Doktoral Hukum masih dalam proses pembukaan.

“Adalah sebuah keputusan yang tepat apabila kami mengajak masyarakat luas untuk bergabung dengan Universitas Djuanda baik dalam pendidikan jenjang S1, S2, dan D4 maupun dalam jalinan kerjasama penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat serta berbagai kegiatan lainnya dalam rangka untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera serta berkeadilan,” ungkapnya.

Baca juga:  UNIDA Sukses Gelar Konferensi Internasional

Hadir memberikan sambutan, Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliyah Indonesia (YPSPIAI) Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I mengatakan, sebagai lulusan Kampus Bertauhid, harus tetap terus menjadi seorang pembelajar sejati sebagai konsekuensi dari ketauhidan sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Ilmu yang didapat selama berkuliah di UNIDA, yang mana para wisudawan dan wisudawati telah dibekali dengan keilmuan, keterampilan, keahlian dan pengalaman dalam kemasan 21 Nilai Karakter Tauhid. Nilai inilah yang kemudian berfungsi melindungi, menyelamatkan ilmu dan kompetensi menjadi kamaslahatan bagi ummat bangsa, dan negara.

“Raihlah cita-citamu setinggi langit dengan cara yang halalalan toyyiban mubarokan. Tunjukan pada dunia bahwa kecerdasan dan keterampilan yang diikat dengan tauhid akan membuat Ananda sukses dunia dan akhirat,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H mengemukakan, kelulusan S1, S2, dan S3 adalah proses formalitas pendidikan tinggi, dimana semuanya bernaung dalam almamater UNIDA yaitu sebuah universitas bertauhid satu-satunya di Indonesia yang menggunakan nama Djuanda pahlawan dan kebanggaan bangsa Indonesia.

Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menyampaikan, sesuai dengan visi “Menjadi universitas unggul untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang menyatu dalam tauhid dan diakui internasional”, maka dibangun tujuan dasar pendidikan yang dilandasi dengan tauhid melalui penerapan 21 Nilai Karakter Tauhid. Sehingga, diharapkan lulusan UNIDA ialah lulusan yang memiliki karakter yang dapat diterima oleh masyarakat, diandalkan oleh orangtua dan keluarga, ikut mengembangkan almamater sesuai dengan cita-citanya.

“Oleh karena itu, kami mohon doa dan dorongan support termasuk dari mahasiswa dan alumni agar bekerja baik, berprilaku baik, dan berkomunikasi dengan baik dengan universitas, sebagai bagian daripada proses untuk menjadikan UNIDA perguruan tinggi unggul yang insyaAllah pada tahun 2025 akan terwujud cita-cita tersebut dan memberikan kontribusinya secara positif kepada bangsa dan negara,” ujar Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H.

Dalam kesempatan ini, UNIDA memberikan penghargaan kepada para lulusan tahfizh, lulusan terbaik dan lulusan tercepat tingkat program studi maupun tingkat universitas program Sarjana dan program Magister.

UNIDA juga memberikan penghargaan kepada Ketua Program Studi yang berhasil meraih akreditasi Unggul, Dosen yang memperoleh capaian Jabatan Fungsional Lektor Kepala di tahun 2023/2024, Dosen yang menyelesaikan Studi S3 di tahun 2023/2024, serta kepada mahasiswa berprestasi Juara 1 Tingkat Nasional dan Juara Tingkat Internasional di tahun 2023/2024. (adi/*)

Tags: , , ,