Unik, Pemilihan Serentak Ketua Rt/Rw Desa Cimanggu Dua Dilakukan Secara Door To Door

Foro: Pemilihan RT/RW.(HRB)

CIBUNGBULANG–Memastikan terselenggaranya pemilihan yang jujur dan adil (Jurdil), warga Desa Cimanggu menggelar pemilihan serentak ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Wilayah (RW) di Desa Cimanggu Dua, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor belum lama ini (21/06/2021). 

Ketua Panitia Ade Aka Sanusi menerangkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 9 RW dan 35 (35) dari 3  Dusun untuk priode (2021-2026). Dengan jumlah hak pilih sebanyak 2.359 kepala keluarga (KK).

“Tujuannya adalah melatih berdemokrasi,” kata Ade Aka Sanusi di Kantor Desa Cimanggu Dua, Selasa (22/6).

Menurutnya, panitia menargetkan seluruh RT dan RW melakukan pemilihan serentak. Namun karena beberapa hal, pelaksanaan tetap diselenggarakan dengan keikut sertaan sebagian wilayah.

“Dari Kadus satu dua dan kadus tiga itu semua ada pemilihan, namun ada beberapa Rt yang tidak mengikuti pemilihan, karena calonnya tunggal. Jadi secara aklamasi itu dinyatakan sah,” terangnya.

Seperti umumnya pemilihan umum (pemilu). Para calon diwajibkan mengumpulkan persyaratan, diantaranya melampirkan KTP/KK dan Ijazah (SLTP).  Adapun teknis pelaksanaan pemilu dengan door to door.

Baca juga:  Belum Genap Satu Tahun Jalan di Cigudeg Hancur Disoroti Aktivis Mahasiswa

“Tadinya akan difokuskan di TPS, sehubungan dengan instruksi dari kepala desa , kita melakukannya secara door todor ke tiap rumah warga yang didampingi BPD Linmas dan Babinsa. Dan untuk hak pilih satu kk itu hanya diperboleh satu orang saja,” ujar Ade.

Ade menuturkan, selain dibentuk kepanitian desa, pihaknya juga membentuk panitia kewilayahan dari mulai sekretaris dan anggota.

“Jadi setiap dusun ada panitia wilayah, sekretaris dan anggota. Dan untuk hasil pemilihan nanti saya akan kasih tau, karena ada beberapa wilayah datanya yang masih menyusul. Kemudian untuk pelantikan kita akan laksanakan pada bulan juli 2021 mendatang,” terangnya.

Ia juga berharap kepada ketua RTdan RW yang terpilih agar bisa melaksanakan tugasnya sesuai tupoksinya masing-masing dan bisa mengkondisikan warganya. “Karena setiap bulan, RT maupun RW wajib melaporkan segala sesuatu di wilayahnya ke desa,” tukasnya. (RDY)

 

Tags: ,