Universitas Pakuan Wisuda Ratusan Mahasiswa Gelombang 1 Tahun 2024 dan Raih Prestasi Anugerah LLDIKTI IV

BOGOR KOTA,  RBN – UNIVERSITAS Pakuan (Unpak) kembali mewisuda ratusan mahasiswa program doktor, magister, sarjana dan ahli madya. Acara wisuda Unpak gelombang 1 tahun 2024 ini dilaksanakan di Braja Mustika Convention Centre, Rabu 6 Maret 2024.

Pada senat kali ini, sebanyak 859 wisudawan dan wisudawati terdiri dari Sekolah Pascasarjana S3: 9 orang, S2: 30 orang, Fakultas Hukum: 95 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis: 182 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: 102 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya: 144 orang, Fakultas Teknik: 42 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: 216 orang, dan Sekolah Vokasi: 39 orang.

Ketua Panitia Pengukuhan dan Wisuda Unpak, Prof. Eri Sarimanah mengatakan pihaknya memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan meraih kelulusan. 

 “Kami mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan menyelesaikan studi. Kepada orang tua dan keluarga wisudawan, kami turut bersyukur dan berbahagia serta sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan anggota keluarga Bapak/Ibu dan Saudara sekalian,” kata Prof. Eri yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Akademik.

Lanjut Prof. Eri Sarimanah menyebut, dengan bekal ilmu yang dimiliki, ia berharap seluruh wisudawan akan mampu bersaing di pasar kerja bahkan mampu menciptakan lapangan kerja di masyarakat.

“Tantangan yang saudara hadapi di masyarakat tentu lebih berat, sebab persoalan yang dihadapi sangat beraneka ragam. Namun Allah SWT telah menganugerahkan kepada manusia, akal, ilmu, kecerdasan dan pengetahuan untuk dapat dimanfaatkan menghadapi tantangan yang ada di masyarakat,” tambah Prof. Eri.

Prof. Eri menjelaskan, keberhasilan yang dicapai hari ini bukanlah semata-mata milik para lulusan. “Karena di balik keberhasilan tersebut, saudara dituntut untuk berbagi ilmu pengetahuan yang diperoleh agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor Unpak, Prof. Didik Notosudjono membeberkan sejumlah prestasi yang telah diraih oleh Unpak, salah satunya penghargaan yang diberikan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten dalam acara Anugerah LLDIKTI IV Tahun 2024.

Baca juga:  Pelayanan Semraut, Disdukcapil Buat Sistem Drive Thru

“Pada Acara Anugerah LLDIKTI IV 2024 tersebut, Unpak memperoleh empat anugrah Bronze Winner dengan berbagai kategori, diantaranya: Perguruan Tinggi dengan Kinerja Penelitian Terbaik Kategori Universitas, Institusi Klaster Utama dengan Skor PKM Tertinggi Periode Tahun 2020-2022 Anugrah Dikristek Th. 2023, Pengelolaan Pusat Karir dan Tracer Study terbaik, dan Pengelolaan Sistem Penjaminan Mutu Internal Terbaik kategori Universitas. 

Pada Tingkat Nasional, Unpak Meraih Peringkat 3 Anugrah bidang Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Kategori Pengabdian Masyarakat Nilai Tertinggi dari Kemendikbudristek RI,” kata Prof. Didik dalam sambutannya.

Selain itu, Prof. Didik menegaskan, selaku pimpinan ia bersyukur dan berharap kepada seluruh komponen yang ada di Unpak, baik dosen maupun tenaga non-edukatif untuk menjadikan anugerah tersebut sebagai motivasi untuk terus berbenah, dan bekerja secara maksimal.

“Tahun 2024 ini, Insya Allah dengan izin Allah, Unpak akan mengajukan Akreditasi Institusi Unggul, untuk mencapai Akreditasi Unggul diperlukan peran alumni yang telah dan akan berkpirah di masyarakat,” ujar Rektor.

Dekan Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Pakuan Prof. Dr. Soewarto mengatakan, Pengukuhan Prof. Dr. Andi M. Asrun, SH, MH, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Konstitusi dari Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan akan menambah kekuatan Pakar maupun Ilmuwan Hukum Konsitusi di Indonesia.

Lanjut Prof. Soewarto, dalam Orasi Ilmiahnya, Prof. Asrun menyampaikan tema Dua Abad “Judicial Review”, 20 Tahun Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia tepat sekali dengan situasi Mahkamah Konstitusi yang saat ini sedang menjadi sorotan oleh Masyarakat luas.

“Dengan bertambahnya Pakar ataupun Ilmuwan Hukum Konstitusi diharapkan keadaan hukum konstitusi khususnya dan hukum secara luas pada umumnya dapat menjadi lebih baik guna menyongsong Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Tags: , ,