Warga Cimanggu Wates Diteror Ulat Bulu

Kota Bogor – Warga Kampung Cimanggu Wates, Kelurahan Kedung Jaya, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor diteror ratusan ulat bulu. Setidaknya ada empat rumah yang diserang binatang menggelikan ini.

Dian, salah seorang warga mengaku, teror ulat bulu sudah berlangsung sejak sepekan terakhir. Teror ulat bulu ini pun baru pertama kali terjadi di wilayahnya. Ia menduga, ribuan ulat bulu tersebut berasal dari pohon mangga.

“Jadi sekitar satu mingguan (ulat) mulai masuk ke rumah. Banyak saja ulat masuk ke rumah, pada turun. Tapi setahu saya jarang terjadi baru pertama kali pohon mangga ini ada ulat sebanyak ini,” kata Dian kepada wartawan, Senin (15/11/2021).
Dia tidak mengetahui pasti penyebab banyaknya ulat bulu di pohon mangga tersebut. Khawatir semakin banyak, warga sekitar memutuskan untuk meminta bantuan BPBD memangkas pohon.

Baca juga:  Bima Arya Gercep Atasi Polemik Jembatan Otista Cagar Budaya

“Mungkin peralihan musim ya. Karena di sini banyak anak kecil, permukiman padat jadi kita khawatir akan mengganggu kita putuskan tebang pohon ini karena juga mulai tidak produktif juga pohon ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Regu 1 BPBD Kota Bogor Bambang Sarawidyanto menuturkan, ulat-ulat itu memang berasal dari pohon mangga. Ulat juga sudah merayap ke dinding empat rumah warga. “Cukup banyak, jadi ada sekitar empat rumah masuk ke dinding dan langit-langit rumah,” tuturnya.

Adapun upaya yang dilakukan yakni menyemprotkan cairan insektisida agar sebaran ulat tidak meluas. Selanjutnya, pohon mangga pun ditebang. “Kami melakukan penyemprotan memakai insektisida agar tidak meluas dan dari warga minta untuk memapas pohon mangga itu. Mungkin habitatnya juga bisa ya, jadi mungkin ada pengembangbiakan ulat di pohon mangga itu,” pungkasnya. (djm/*)