Warga Soroti Pembangunan Gedung SDN Cipeundeuy 02 Asal – Asalan

Foto: Proyek rehabilitasi SDN 02 Cipeundeuy diduga asal-asalan. (Agus Komeng).Hrb

Sukajaya-Proyek rehabilitasi gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cipeundeuy dianggal, dianggap dikerjakan secara asal-asalan oleh kontraktor.

Pasalnya sejumlah warga melihat, proyek yang dikerjakan oleh CV. Haskar Persada dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya itu, tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Asep Kurnia warga sekitar mengeluhkan, adanya beberapa item yang dinilai asal – asalan pembangunan rehabilitasi tiga Ruang Kelas Baru (RKB) SDN Cipendeuy 02 itu.

“Saya belum tahu pasti apakah pekerjaan nya itu di subkon ke orang lain oleh CV Haskar Persada. Yang jelas seharusnya ada beberapa item material bangunan yang harus di ganti, namun tidak diganti oleh pemborongnya,” ungkap Askur, Senin (23/08/21).

Asep Kurnia menjelaskan, Ia melihat adanya kondisi bangunanan tersebut masih menggunakan keramik dan kusen yang lama, jadi seperti tambal sulam karna tidak diganti dengan material yang baru.

Baca juga:  Terkait Penyelesaian Laporan Hasil Pemeriksaan BPK, Komisi IV ‘Pelototi’ Dinkes

“Bangunan nya seperti tambal sulam, ada beberapa material tidak diganti dengan yang baru, dan masih menggunakan material bekas dipasang kembali oleh pemborong,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kata Asep Kurnia, pihaknya menduga kontruksi penyanggah tidak sesuai dengan rencana dalam gambar bangunan yang telah ditentukan, ini menuai polemik dari masyarakat, karna hal tersebut dapat menimbulkan kekhawatiran baik dari pihak sekolah maupun warga.

“Padahal proyek senilai ratusan juta itu akan digunakan untuk proses belajar mengajar para siswa, kami merasa khawatir dengan buruk dan rendah nya kualitas kontruksi bangunan yang dikerjakan oleh kontraktor.

“Pekerjaan pembangunannya tidak sesuai dengan semestinya. Item material yang digunakan dianggapnya kurang sesuai dengan perencanaan RAB,” tandasnya. (Agus Komeng).